Mantan Presiden AS Barack Obama Kunjungi PM Inggris Rishi Sunak, Ada Apa?

Mantan presiden As Barack Obama di Downing Street
Sumber :
  • X

Inggris – Mantan presiden AS ke-44 Barack Obama baru-baru ini mengunjungi Inggris untuk secara khusus bertemu dengan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

Obama telah mengadakan pembicaraan dengan Rishi Sunak ketika mantan presiden AS itu melakukan “kunjungan kehormatan” ke Downing Street selama perjalanannya ke London. 

Keduanya diketahui membahas berbagai topik selama pertemuan yang berlangsung hanya satu jam, termasuk salah satu topik favorit perdana menteri, yaitu kecerdasan buatan (AI), melansir BBC, Rabu, 20 Maret 2024. 

Pakai Adidas Samba, PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Hingga Sampaikan Permintaan Maaf, Kenapa?

Obama, yang menjabat dua periode di Gedung Putih dari 2009 hingga 2017 sebelum digantikan oleh Donald Trump, berada di London sebagai bagian dari kerja sama dengan Obama Foundation, yang mengawasi program beasiswa dan inisiatif lainnya. 

PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Gegara Pakai Sepatu Adidas Samba, Ada Apa?

Juru bicara resmi perdana menteri mengatakan Obama telah melakukan kunjungan informal sebagai bagian dari perjalanannya ke London.

Dia menambahkan: “Saya pikir tim Presiden Obama telah melakukan kontak dan jelas perdana menteri sangat senang bertemu dengannya dan mendiskusikan pekerjaan tentang Yayasan Obama.” 

Saat tiba di Downer Street, dan dihadiri ratusan wartawan, Obama berhenti sejenak di pintu nomor 10 untuk melambai dan tersenyum ke kamera. Namun, hingga kini tidak ada foto yang dirilis dari apa yang dikatakan Downing Street sebagai pertemuan pribadi itu. 

Ketika Obama meninggalkan Downing Street ditemani duta besar AS untuk Inggris, Jane D Hartley, dia ditanyai pendapatnya oleh media tentang keadaan demokrasi Rusia dan menjawab: “Saya tergoda!” 

Mantan presiden As Barack Obama di Downing Street

Photo :
  • X

Mantan presiden tersebut kemudian bertemu dengan pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer. 

Obama sebelumnya juga sempat mengunjungi Downing Street pada April 2016 ketika David Cameron menjadi perdana menteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya