Memanas, Pemukim Yahudi Targetkan Lahan di Gaza dan Jadikan Ini Alasannya

Ilustrasi penutup kepala Yahudi, Kippah
Sumber :
  • Yakimankagbu

Gaza  – Siapa yang tidak mengidamkan memiliki rumah di tepi pantai? Bagi sebagian kelompok sayap kanan Israel, pantai yang mereka impikan terletak di Gaza.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Dilansir dari BBC, Senin, 1 April 2024, Daniella Weiss, seorang nenek yang menjadi anggota gerakan Pemukim Yahudi Israel , mengungkapkan bahwa ia telah mencatat 500 keluarga yang siap untuk segera pindah ke Gaza.

"Saya memiliki teman-teman di Tel Aviv yang berkata, 'Jangan lupa untuk memberi saya sebidang tanah di dekat pantai di Gaza, karena pantai di sana sangat indah dengan pasir keemasan yang menakjubkan'," kata Weiss.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • independent.co.uk

Dia menyampaikan kepada mereka bahwa lahan di tepi pantai telah dipesan. Weiss adalah kepala organisasi pemukim radikal yang dikenal sebagai Nachala, yang artinya Tanah Air.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Selama beberapa dekade, dia telah memulai permukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang kini diduduki oleh Israel, di tanah Palestina yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967.

Beberapa pihak di internal kelompok pemukim ini sangat berangan-angan untuk kembali ke Gaza, setelah Israel menarik mundur para pemukim, pada 2005.

Saat itu, 21 permukiman dibongkar dan sekitar 9.000 pemukim dievakuasi oleh tentara. (Saya melihat banyak orang diseret keluar ketika melaporkan peristiwa ini dari Gaza pada saat itu).

Banyak pemukim memandang penarikan mundur itu sebagai pengkhianatan negara dan kesalahan strategis.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar warga Israel menentang pemukiman kembali di Gaza.

Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, hal ini menjadi perdebatan panas oleh pihak-pihak yang paling lantang bersuara dan paling ekstrim di pemerintahan Israel.

Daniella dengan bangga menunjukkan kepada saya peta Tepi Barat dengan titik-titik merah muda yang menunjukkan permukiman Yahudi.

Titik-titik itu tersebar di seluruh peta, menggerogoti lahan di mana warga Palestina berharap membangun negara mereka.

VIVA Militer: Serangan roket Hamas ke basis militer Israel di Jalur Gaza

Photo :
  • The Times of Israel

Saat ini terdapat sekitar 700.000 pemukim Yahudi di wilayah ini. Jumlahnya meningkat dengan cepat.

Mayoritas dunia internasional, termasuk Dewan Keamanan PBB, menganggap permukiman ini ilegal di bawah hukum internasional. Israel menentang anggapan itu.

Kami bertemu Daniella di rumahnya di antara bangunan beratap merah di permukiman Kedumim, Tepi Barat. Dia terus bergerak meskipun lengannya diplester.

Visinya untuk masa depan Gaza yang kini menjadi rumah bagi 2,3 juta warga Palestina dan banyak dari mereka kelaparan adalah bahwa Gaza akan menjadi wilayah Yahudi.

"Warga Arab Gaza tidak akan tinggal di Jalur Gaza," katanya.

"Siapa yang akan tinggal? Yahudi."

Dia mengklaim bahwa orang-orang Palestina ingin meninggalkan Gaza dan negara-negara lain harus menerima mereka, meskipun selama wawancara yang panjang, dia jarang menggunakan kata "Palestina".

"Dunia ini luas," kata Daniella.

"Afrika itu besar. Kanada itu besar. Dunia akan menerima penduduk Gaza. Bagaimana melakukannya? Kami mendorongnya. Warga Palestina di Gaza, yang baik, akan dimungkinkan untuk itu. Saya tidak mengatakan dipaksa, saya bilang dimungkinkan untuk itu karena mereka ingin pergi."

Arsip - Dalam foto yang diambil pada 11 Mei 2021 ini, terlihat asap hitam mengepul ke langit akibat ledakan yang disebabkan serentetan serangan israel di Kota Younis di Jalur Gaza bagian selatan.

Photo :
  • ANTARA/Yasser Qudih

Tidak ada bukti bahwa warga Palestina ingin meninggalkan tanah air mereka, meskipun banyak yang berharap bisa melarikan diri sementara waktu demi menyelamatkan nyawa mereka.

Namun bagi sebagian besar warga Palestina, tidak ada jalan keluar. Perbatasan dikontrol ketat oleh Israel dan Mesir, dan tidak ada negara lain yang menawarkan perlindungan.

Saya mengatakan kepada Daniella bahwa pernyataannya terdengar seperti rencana pembersihan etnis. Dia tidak menyangkalnya.

"Anda bisa menyebutnya pembersihan etnis. Saya ulangi sekali lagi, orang-orang Arab tidak mau, orang-orang Arab normal tidak tidak ingin tinggal di Gaza. Jika Anda ingin menyebutnya sebagai pembersihan, jika Anda ingin menyebutnya apartheid, Anda pilih definisi Anda. Saya memilih cara untuk melindungi negara Israel."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya