5 Negara dengan Kekuatan Artileri Paling Mengerikan di Dunia

VIVA Militer: Serangan artileri militer Rusia di Zaporizhzhia
Sumber :
  • sputnikmediabank.com

VIVA – Artileri merupakan salah satu komponen penting dalam kekuatan militer suatu negara. Dengan kekuatan artileri yang kuat, sebuah negara dapat mempertahankan kedaulatannya, mengintimidasi lawan-lawannya, serta memberikan keunggulan taktis di medan perang. Di bawah ini adalah beberapa negara yang dikenal memiliki kekuatan artileri paling mengerikan di dunia, dikutip dari Insider Monkey.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

5. India

India memiliki lebih dari 4.000 unit dalam arsenalnya. Ini termasuk 3.243 artileri tarik, 140 artileri gerak sendiri, dan lebih dari 700 proyektor roket. Pemerintah India, dalam upayanya untuk meningkatkan kekuatan tembak di sepanjang perbatasan dengan Tiongkok, sedang mempertimbangkan pengadaan 200 lagi meriam dan 400 sistem senjata tarik. India adalah negara paling maju secara teknologi di Asia Selatan.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

- Total unit artileri: 4.085
- Peringkat Kemampuan Teknologi: 40
- Skor: 0.454

4. Rusia

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Rusia memiliki jumlah unit artileri terbanyak di dunia, terdiri dari 8.365 artileri tarik, 6.208 artileri gerak sendiri, dan lebih dari 3.000 proyektor roket. Karena perang di Ukraina dan kebutuhannya untuk menyamai bantuan militer barat kepada Kyiv, produksi peluru artileri Rusia meningkat 2,5 kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022, dengan tingkat produksi saat ini tiga kali lebih banyak daripada Amerika Serikat dan Eropa digabungkan.

Namun, karena sebagian besar peralatannya sudah ketinggalan zaman dan negara tersebut menempati peringkat rendah dalam kemampuan teknologinya dibandingkan kekuatan dunia lainnya, itu menempati peringkat keempat dalam daftar Insider Monkey.

VIVA Militer: Serangan artileri roket militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • 19fortyfive.com

- Total unit artileri: 17.638
- Peringkat Kemampuan Teknologi: 51
- Skor: 0.462

3. Amerika Serikat

VIVA Militer: M142 HIMARS (Sistem Artileri Roket Mobilitas Tinggi)

Photo :
  • insider.com

Amerika Serikat menduduki peringkat ketiga dalam hal kekuatan artileri. Inventaris saat ini mencakup 1.595 artileri gerak sendiri, 1.267 artileri tarik, dan 694 proyektor roket. Namun, dalam hal kecanggihan artileri, AS mengungguli semua negara lain dalam daftar ini. Ini adalah negara ketiga paling maju secara teknologi di dunia, dan merupakan rumah bagi beberapa produsen pertahanan besar yang memimpin dunia dalam inovasi dan pengembangan militer.

- Total unit artileri: 3.556
- Peringkat Kemampuan Teknologi: 3
- Skor: 0.476

2. Tiongkok

Tiongkok memiliki militer terbesar di dunia dalam hal jumlah personel, dengan arsenal senjata besar, termasuk lebih dari 8.000 unit artileri. Ini termasuk 3.850 artileri gerak sendiri, 1.434 unit artileri tarik, dan lebih dari 3.000 proyektor roket. PCL-09, PLZ-07A/B, dan PCL-181 adalah meriam terbanyak yang digunakan dalam operasi militer Tiongkok, sementara PCL-181 adalah meriam artileri yang dipasang pada kendaraan paling canggih. Tiongkok adalah negara ke-12 yang paling maju di dunia dalam hal kemampuan teknologi.

- Total unit artileri: 8.464
- Peringkat Kemampuan Teknologi: 12
- Skor: 0.483

Mengingat hubungan tegangnya dengan Korea Utara, tidak mengherankan bahwa Korea Selatan telah membangun kekuatan pasukan darat yang kuat dan melengkapi mereka dengan inventaris senjata yang besar. Arsenal artileri Seoul terdiri dari lebih dari 8.500 unit, yang mencakup 581 proyektor roket juga. Negara ini memiliki industri pertahanan canggih di dalam negeri dan sistem artileri gerak sendiri K9 Thunder kaliber 155mm 52 merupakan salah satu unit artileri terlaris di dunia. 

- Total unit artileri: 8.633
- Peringkat Kemampuan Teknologi: 10
- Skor: 0.488

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya