Ombudsman: Tutup Jalan Jati Baru, DKI Langgar Aturan

Sejumlah pedagang kaki lima berjualan di Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Ombudsman RI mengumumkan empat dugaan pelanggaran dalam Penataan PKL kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Beberapa di antaranya adalah tindakan tidak kompeten yang dilakukan Pemprov DKI, penyimpangan prosedur karena tak izin terlebih dahulu dengan Polisi, pengabaian kewajiban hukum dan adanya perbuatan melawan hukum.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Dari hasil temuan tersebut, Ombudsman menyampaikan tindakan perbaikan atau langkah korektif yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu. Pertama adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh dan penataan ulang Kawasan Tanah Abang sesuai peruntukannya agar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan guna menghindari tindakan maladministrasi yang terjadi pada saat ini.

"Yaitu dengan membuat rancangan induk atau grand design kawasan Tanah Abang dan rencana induk penataan PKL, menata dan memaksimalkan Pasar Blok G, dan mengembalikan fungsi Jalan Jatibaru Raya Tanah Abang sesuai peruntukannya," kata Komisioner Ombudsman, Dominikus, Senin 26 Maret 2018.

Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur Ditangkap Lagi, Tinggal 1 yang Buron

Ombudsman juga telah menetapkan masa transisi untuk mengatasi maladministrasi yang telah terjadi saat ini. Yakni dalam jangka waktu selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari dengan melibatkan partisipasi semua pemangku kepentingan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

"Pemprov DKI diharap dapat memaksimalkan peran dan fungsi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai dengan tugas dan fungsi instansi terkait sebagaimana ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2011 tentang Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," ujarnya

Kesal Gak Dikasih Uang, Aksi Premanisme di Tanah Abang Gedor Kaca Mobil hingga Pecah

Yang terakhir, lanjut Dominikus, Ombudsman meminta Pemprov DKI menjadikan Kawasan Tanah Abang sebagai proyek percontohan penataan para pedagang secara menyeluruh.

"Menjadikan tanah abang lokasi percontohan tertib lalu lintas dan jalan raya, pedestrian yang nyaman bagi pejalan kaki sebagai wujud pelayanan publik yang baik berkelas dunia," ujarnya. (ren)

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh petugas saat sedang menjaring sampah di kali.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024