Ada Demo Mahasiswa di DPR, Tol Dalam Kota Cawang-Tomang Ditutup

Jalan tol dalam kota Cawang-Tomang ditutup imbas demo mahasiswa di DPR.
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

VIVA – Jalan Tol Dalam Kota Cawang-Tomang terpaksa ditutup buntut aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR. Berdasar pantauan mobil yang hendak ke kawasan Gedung DPR/MPR dari arah Pancoran, Jakarta Selatan nampak dialihkan oleh petugas.

Buntut Demo Ricuh Mahasiswa di Patung Kuda, 13 Orang Ditangkap

Dari pantauan di kawasan Pintu Tol Semanggi, mereka yang lewat tol dan sudah sampai Pintu Tol Semanggi dari arah Pancoran diminta memutar balik. Mereka tidak bisa lagi melintas ke arah DPR meski lewat jalan tol.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti menyebut hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan lain yang tak ikut demo.

Demo Mahasiswa di Patung Kuda Ricuh, 2 Orang Diamankan Polisi

"Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 24 September 2019.

Maka dari itu, pengendara yang ada di dalam Tol Dalam Kota arah DPR diimbau keluar pintu tol terdekat sebelum DPR, semisal Pintu Tol Kuningan 1.

Polisi soal 48 Mahasiswa Ditangkap saat Demo Ricuh Tolak UU Ciptaker: Sulit Dapat SKCK

 Sementara itu berdasar pantauan di Tol Tomang-Cawang mobil masih bisa melintas. Namun mereka harus melintas bergantian karena mahasiswa sudah masuk ke dalam tol. Kejadian ini pun jadi tontonan warga yang melintas.

"Bagi para pengguna jalan yang sudah masuk akan dialihkan keluar di exit (pintu keluar) terdekat," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, pada Senin 23 September 2019 lalu aksi demonstrasi para mahasiswa yang menolak RUU KPK, RUU KUHP terjadi di daerah-daerah, salah satunya di Jakarta. 

Sekelompok massa mahasiswa yang berunjuk rasa di depan gedung DPR/MPR, sempat bertahan meski hari sudah gelap. Mereka menunggu rekan mereka yang tengah beraudiensi dengan perwakilan anggota DPR.

Bahkan mereka mulai nekat memanjat pagar gedung DPR, terus bernyanyi dan berteriak memaksa diizinkan masuk ke gedung Parlemen. Situasi sempat rusuh saat terjadi aksi lempar-melempar di dekat pintu masuk kompleks MPR/DPR Senayan dan blokir jalan tol sebelum kondisi bisa dikendalikan.

Lihat demo mahasiswa serentak di berbagai kota Indonesia pada video di bawah ini:

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya