Hari Pertama PTM di Jakarta, Ditemukan Orang Tua Siswa Berkerumun

Hari Pertama Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Hari pertama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang berlangsung di sekolah DKI Jakarta masih terdapat kerumunan dari orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah. 

Anggota DPR: Surat Edaran Prokes Sudah Perhatikan Perkembangan

"Kalau berkerumun, rewel sekali itu, petugas keamanan, jaga jarak, cuma kalau mantau ribuan orang itu susah," Kepala Sub Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Taga Radja Gah saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Senin, 30 Agustus 2021. 

Untuk itu, ia meminta kepada orang tua dalam hal ini ibu-ibu yang mengantarkan anaknya ke sekolah agar tidak berkerumun. Hal ini untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

PTM Kembali Aktif, Sun Life Dorong Kesadaran Kesehatan Anak di Sekolah

Baca juga: Hari Pertama Pembelajaran Tatap Muka, Ini Kata Anies Baswedan

"Tolong menghindari kerumunan, yang menjemput menjaga jarak, justru anaknya bisa diatur, orang tuanya susah diatur," katanya. 

Kasus COVID-19 di Indonesia Melandai, Masih Perlukah Vaksin Booster Kedua?

Tak hanya itu, dia juga mengimbau kepada para orang tua agar anaknya tetap menerapkan protokol kesehatan 3M: mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker. 

"Justru, sekolah yang proaktif tolong ortu anaknya yang blm keluar tetap ngbrol sana ngobrol sini maksernya dipakai, itu standar sekali dilakukan," katanya. 

Taga juga telah memantau pelaksanaan PTM di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Dijabarkan beberapa aturan prokes sekolah. 

"Mula dari anak masuk ke sekolah, gerbang itu langsung di cek suhu oleh petugas, langsung di arahkan ke wastafel, kemudian pengecekan maskernya, karena ini kan anak kelas 1 ya, perlu pemantauan lebih intensif lagi, perlu pendampingan, lalu menyiapkan masker cadangan," katanya. 

"Setelah dari situ langsung diarahkan ke kelas yang dituju, masuk dalam kelas sudah diposisikan kursinya antar siswa satu setengah jaraknya dengan mengosongkan satu kursi sebelahnya," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya