Logo BBC

PTM Sekolah Beberapa Daerah Sudah Dihentikan, Orangtua Murid Was-was

PTM Getty Images via BBC Indonesia
PTM Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa daerah di sekitar DKI Jakarta dihentikan setelah kasus Covid-19 terus meningkat. Akan tetapi, PTM di DKI Jakarta justru masih akan dilanjutkan.

Di Tangerang Raya, PTM resmi dihentikan seiring dengan peningkatan kasus positif Covid-19 di wilayah tersebut. Wilayah Tangerang Raya meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

"Kalau Tangerang Raya sudah kita sepakati kemarin, tidak ada PTM, kembali ke rumah lagi, walaupun kita tahu banyak masyarakat yang menuntut, orang tua terutama. Kita evaluasi terus," kata Gubernur Provinsi Banten, Wahidin Halim, pada Rabu (02/02).

Sementara itu di Kota Bekasi, PTM akan dihentikan mulai Rabu (02/02) dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Kemarin berdasarkan rapat dengan Pak Gubernur kita meminta izin untuk melakukan kegiatan PJJ," ujar Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, sebagaimana dikutip Detik.com.

Seperti Tangerang dan Bekasi, Pemerintah Kota Bogor juga memutuskan untuk menghentikan PTM usai puluhan siswa dan guru terpapar Covid-19. Penghentian diberlakukan untuk semua jenjang sekolah di Kota Bogor mulai Selasa (01/02) sampai waktu yang tidak ditentukan.

"Kita sepakati menunda PTM di semua tingkatan. Karena angkanya (kasus Covid-19) tinggi sekali, 45 (siswa dan guru) di seluruh sekolah dan kemungkinan akan terus menyebar," kata Bima, Senin (31/01).

Baca juga:

Pembelajaran tatap muka dimulai lagi di tengah kekhawatiran sekolah `tak siap tegakkan prokes`
Rencana pemerintah buka sekolah di zona kuning, dilema `desakan orang tua` dan tudingan `bermain api`
Satu dari delapan pasien Covid-19 di Indonesia anak-anak, orang tua dianggap `membuat anak berisiko`


Bagaimana dengan DKI Jakarta?

Pada Rabu (02/02), Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan PTM di wilayahnya masih akan diterapkan dalam kapasitas penuh secara terbatas.

"Melihat perkembangan kasus, apakah kami bisa melakukan pengecualian terhadap pelaksanaan SKB 4 Menteri soal PTM? Kami masih menunggu arahan pemerintah pusat," ujarnya kepada para wartawan dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta.

Nahdiana menyebutkan bahwa 190 sekolah di DKI Jakarta ditutup akibat kemunculan kasus-kasus Covid-19.

Namun, menurut dia, data ini masih dilakukan sinkronasi antara data Dinas Pendidikan dengan Dinas Kesehatan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta evaluasi atas pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.