KAI Tutup Pintu Liar Perlintasan Kereta Api TKP AKBP Buddy Tewas Terlindas

Kereta KRL Commuter Line bersiap lewati perlintasan sebidang di Jatinegara. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA Metro – PT. KAI Daop 1 Jakarta akhirnya menutup pintu masuk ke perlintasan kereta api di KM 12+400 lintas Jatinegara-Bekasi. Pintu itupun merupakan TKP Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Buddy Towoliu tewas terlindas kereta api beberapa waktu lalu.

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

"Ya betul (TKP meninggalnya AKBP Buddy)," ujar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa saat dikonfirmasi wartawan, Senin 15 Mei 2023.

Kemudian, Eva menjelaskan bahwa pintu ilegal tersebut memang sebelumnya sudah ditutup oleh pihak KAI, namun kembali dibuka oleh oknum tak bertangggung hawab.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

"Perlintasan liar tersebut merupakan pagar pembatas yang telah dibongkar oleh oknum. Sudah ditutup sebenarnya, tapi dibongkar oknum," kata dia.

Istri Tak Percaya Brigadir Ridhal Ali Tewas Bunuh Diri: Janggal Sekali, Sangat Tidak Mungkin

Eva menjelaskan penutupan pelintasan liar yang dilakukan merupakan itu sebagai bentuk dukungan KAI untuk mewujudkan keselamatan dan keamanan serta implementasi UU 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Dari data yang ada, sejak awal Januari hingga Mei sudah 8 titik perlintasan liar yang ditutup. 

"Diantaranya, di KM 26+100 antara Cakung-Bekasi, KM 41+2/3 antara Citayam – Bojonggede, KM 133+029 antara Tonjong Baru - Cilegon, KM 40+1/2 antara Citayam – Cibinong, KM 115+6/7 antara Serang – Karangantu, KM 115+7/8 antara Serang – Kangantu, KM 7+0/1 antara Ancol - Tanjung Priuk, KM 12+400 antara Jatinegara – Bekasi," ucapnya.

Kata Eva, pihak KAI pun mengecam tindakan oknum yang membuat perlintasan liar tersebut. Pasalnya, data yang dihimpun, sejak Januari 2023 ada 77 kejadian peristiwa tertabrak oleh KA. Sebanyak 53 orang di antaranya meninggal dunia, salah satunya AKBP Buddy Towoliu. 

"Sejak Januari hingga 14 Mei 2023 telah terjadi sebanyak 77 kejadian orang menabrak KA yang tersebar di wilayah Daop 1 Jakarta. 53 di antaranya meninggal dunia, 20 orang luka ringan dan 4 orang selamat," kata Eva.

Eva pun mengimbau kepada warga yang masih melakukan aktivitas di sekitar perlintasan kereta api, untuk tidak kembali melakukannya. Ia juga mengecam oknum yang membikin pintu ilegal hendak masuk ke perlintasan kereta api.

Sebelumnya, Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Buddy Alfrits Towoliu ditemukan tewas tertabrak kereta di perlintasan kereta api depan Pasar Enjo, Cipinang, Jakarta Timur pada Sabtu 29 April 2023. Ia diduga tewas karena bunuh diri.

"Untuk sementara hari ini dari langkah-langkah yang kita lakukan ini patut diduga bunuh diri. Sementara ini dalam proses penyelidikan ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu 29 April 2023.

Trunoyudo masih akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang berada di lokasi untuk mendapat informasi lebih jauh. Kata dia, ada satu masinis yang akan diperiksa.

"Sejauh ini ada satu saksi dari pihak masinis dalam hal ini, ini akan dilakukan proses pengambilan keterangan," kata dia.

AKBP Buddy sebelum tewas diketahui tengah menderita sakit empedu. Kata Trunoyudo, AKBP Buddy juga kerap berobat hingga mendapatkan perawatan medis dadi Rumah Sakit atas penyakit yang di deritanya.

"Jauh sebelumnya kejadian ini yang bersangkutan ini sakit, berobat, berobat, kemudian menjalani beberapa medis yang tentunya juga bahan untuk proses penyelidikan, yang sakit nya adalah di empedu," kata Trunoyudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya