Kronologi Lengkap 2 Pengunjung yang Jatuh ke Laut dari Dermaga Ancol

Ilustrasi tenggelam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Metro – Aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap insiden dua orang yang jatuh ke laut di Dermaga Ancol, Jakarta Utara pada Kamis, 11 Mei 2023 lalu. Dari insiden tersebut, dikonfirmasi satu orang meninggal dunia.

Detik-detik Menegangkan Wanita Terjepit hingga Jatuh ke Dalam Peron Stasiun UI

Kanit Reskrim Polsek Pademangan Iptu I Gede Gustiyana membeberkan kronologi atas insiden tersebut. Pada Kamis 11 Mei 2023, pukul 19.00 WIB seorang saksi mata bernama Julieta Karinda sedang berada di Resto Ombak Laut Taman Impian Jaya Ancol. 

"Melihat, korban DU (laki-laki) bersama teman perempuannya saudari RC sedang duduk di tepi dermaga Pantai Karnaval Ancol. Saat itu saksi melihat saudari RC  duduk di pinggir dermaga membelakangi laut sedangkan korban berdiri di depan saudari RC," ujar I Gede saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 15 Mei 2023.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Ilustrasi penyelamatan korban tenggelam.

Photo :
  • VIVA/Kamarudin Egi

"Saksi melihat saudari RC seperti kehilangan keseimbangan dan melambaikan tangan kanannya kepada korban, dan korban memegang tangan saudari RC. Tiba-tiba korban dan saudari RC bersamaan terjatuh ke laut," sambungnya.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Setelah melihat mereka berdua jatuh, kata I Gede, saksi Julieta langsung berteriak meminta tolong dengan datangnya tenaga kesehatan beserta life guard Pantai Ancol untuk segera mendatangi lokasi dermaga.

"Menolong teman perempuan korban saat itu saudari  RC masih tertolong, kemudian dibawa ke RSUD Sulianti Saroso. Sedangkan korban (DC) baru ditemukan berselang 30 menit, dan pada saat ditemukan dan diberikan pertolongan sudah tidak tertolong, korban sudah dalam meninggal dunia," katanya.

I Gede juga menyampaikan hasil penyelidikan sementara ditemukan fakta tidak adanya tanda-tanda kekerasan yang mengakibatkan dua orang itu terjatuh ke laut. "Dalam proses olah TKP dan pemeriksaan Visum di RSCM terhadap korban sementara tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan," ucapnya.

Sedangkan, I Gede menyampaikan untuk kondisi kedua korban yakni perempuan inisial RC (29) selamat masih menjalani perawatan, dan korban DU (30) yang meninggal segera diproses kremasi.

"RC masih di ruang ICU masih menggunakan ventilator. Sudah (korban DU meninggal), kalau tidak salah hari ini prosesi kremasi," tuturnya.

Sebagai informasi, Dua pengunjung tempat wisata kawasan Ancol, Jakarta Utara dikabarkan tenggelam. Pengunjung berjenis kelamin laki-laki dan wanita itu terjatuh dari dermaga Mal Beach City Entertainment Ancol dan satu orang meninggal dunia.

Hal tersebut dikonfirmasi kebenarannya oleh Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho.

"Terkait dengan insiden yang terjadi di area dermaga Mall Beach City Entertainment Ancol, memang benar telah terjadi 2 orang yang jatuh ke laut dari dermaga tersebut," ujar Eko dalam keterangannya, Jumat, 12 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya