Mau Bangun JPO, Dishub DKI Minta Akses Tol Sisi Selatan JIS Rampung Sebelum Oktober

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Stadion JIS

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI meminta agar akses tol sisi selatan Jakarta Internasional Stadium (JIS) dapat segera diselesaikan sebelum bulan Oktober mendatang. 

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Hal tersebut lantaran JIS kemungkinan akan digunakan untuk pergelaran piala dunia U-17. Sementara, JIS sendiri belum memenuhi standar FIFA. 

Oleh sebab itu, Pemprov DKI, Kementerian PUPR dan PSSI berupaya untuk memperbaiki fasilitas di kawasan JIS, salah satunya yaitu pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO).

900 Ribu Penumpang Diprediksi Padati KRL Jabodetabek pada Hari Kerja Pertama Usai Libur Lebaran

JPO yang akan dibangun itu berfungsi sebagai akses masuk dari penonton atau supporter klub sepak bola yang akan masuk ke JIS.

"Sudah ada bantuan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa untuk pemasangan gerbang tol itu akan dipercepat," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa, 4 Juli 2023.

Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai Gegara Terdorong Saat Hendak Turun dari KRL

Syafrin menambahkan, pihaknya akan mulai pembangunan JPO jika akses tol di sisi selatan JIS rampung. JPO itu sendiri bakal menghubungkan sisi selatan JIS dengan pintu timur yang rencananya dibangun melintasi Kali Ancol menuju area parkir di pintu karnaval.

"Sehingga tidak lagi selesai di akhir Oktober dan akan dipercepat. Sehingga kami bisa segera masuk untuk pembangunan JPO untuk connecting ke sisi selatan dan kemudian masuk dari pintu timur penumpangnya ke area JIS," kata Syafrin.

Sementara untuk pembangunan stasiun Kereta api Rel Listrik (KRL) di dekat JIS, Syafrin menyebut pembangunan yang sudah selesai adalah peron di sisi utara.

"Peron stasiun KRL di sisi utara tersebut saat ini sudah selesai, kemudian dilanjutkan adalah pembangunan JPO," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya