Usul Bentuk Pansus, PDIP Juga Minta Pembangunan JIS Diaudit Total

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Antara

Jakarta - Sekretaris fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mengusulkan agar proyek perencanaan pembangunan Jakarta Internasional Stadion (JIS) diaudit secara total. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan buntut polemik JIS yang kian memanas.

Anies Baswedan Resmi Bubarkan Timnas Amin

"Konkretnya harus ada penanganan teknis secara mendasar, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk sarana prasarana serta audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunan JIS," kata Rio saat dihubungi, Senin, 10 Juli 2023.

Rio menduga adanya malapraktik dalam perencanaan pembangunan JIS. Sebab, fasilitas-fasilitas di stadion tersebut dinilai sangat kurang. Hal itu menjadi salah satu penyebab polemik JIS yang kini banyak diperbincangkan.

Jokowi Diisukan Pindah Partai, Budi Arie: Warnanya Tunggu

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Stadion JIS

"Ini menegaskan bahwa ada malapraktik dalam perencanaan dan pembangunan stadion JIS. Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional sebagaimana mestinya," katanya.

Caleg PKB Cabut Permohonan Sengketa Pileg yang Gugat PDIP

Untuk itu, Rio mengusulkan agar pemerintah membuat panitia khusus (pansus) agar proses audit berjalan dengan baik serta tidak ada intervensi dari pihak lain.

Beberapa aspek dinilai kurang memadai di kawasan JIS, di antaranya akses masuk yang perlu tambah, pintu untuk tim sepak bola yang harus dirombak, hingga lapangan JIS harus diganti karena tidak sesuai dengan standar FIFA. 

Hal tersebut diketahui setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau langsung JIS pada Selasa, 4 Juli 2023.

Anies Baswedan saat jabat Gubernur DKI dalam soft lauching Stadion JIS

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Menteri Basuki juga membeberkan anggaran biaya untuk mengganti rumput yang ada di lapangan JIS untuk memenuhi standar FIFA. 

Untuk mengganti satu lapangan, kata Basuki, Kementerian PUPR akan mengucurkan dana sebesar Rp 6 miliar, sesuai hasil koordinasi dengan ahli, Qamal Mustaqim.

Sementara untuk akses masuk ke JIS, anggarannya belum dihitung. Basuki mengaku keroyokan dengan pihak lain untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas di sekitar kawasan JIS. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya