Jangan Lupa Bawa SIM dan STNK, Mulai Hari Ini Ada Razia di Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Bagi para pengendara roda dua dan juga roda empat jangan sampai lupa untuk selalu membawa surat-surat yang harus dibawa saat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi atau SIM dan juga Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK.

Teka-teki Tewasnya Brigadir RAT, Polisi Bakal Bongkar Isi SMS Korban dengan Istri

Pasalnya, mulai hari ini hingga 14 hari ke depan polisi bakal menggelar Operasi Patuh Jaya 2023. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto mengatakan hampir 3 ribu personel dikerahkan dalam operasi ini.

"Selama 14 hari ke depan, Operasi Patuh Jaya akan dilaksanakan dengan melibatkan 2.938 personel yang merupakan gabungan dari personel Polda Metro Jaya dan Polres jajaran, TNI, Dishub Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, organisasi angkutan darat dan transportasi DKI Jakarta," ujar dia kepada wartawan, Senin 10 Juli 2023.

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

Operasi Patuh Jaya di Jalan Otista, Jakarta Timur. Foto ilustrasi

Photo :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

Karyoto minta pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2023 dilakukan dengan simpatik dan humanis. Dia mau penegakan hukum dilakukan dengan profesional, tidak ada negosiasi, tidak ada transaksional, dan jangan sakiti masyarakat.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

"Karena seyogyanya penegakan hukum yang baik akan berdampak pada kedisiplinan masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran kembali," katanya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman mengatakan dalam Operasi Patuh Jaya 2023, pihaknya melakukan razia stasioner. Titik-titik yang jadi lokasi banyak pelanggaran ditempatkan polisi lalu lintas. Namun, Latif mengklaim pihaknya tetap mengedepankan penindakan dengan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mobile.

"Kami tetap menggunakan kegiatan stasioner, tapi petugas di lapangan akan kita sebar semuanya. Jadi, tidak setiap kendaraan dihentikan, enggak. Tapi, kami tetap memaksimalkan ETLE mobile dan ETLE statis. Anggota yang di lapangan tetap melihat pelanggaran yang kasat mata di depannya," kata Latif menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Kewilayahan Patuh Jaya 2023 mulai besok, Senin, 10 Juli 2023. Operasi itu rencananya akan dilaksanakan selama dua pekan.

“Pelaksanaan operasi kepolisian kewilayahan patuh jaya 2023 mulai dari tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023,” ujar akun @tmcpoldametro, Minggu 9 Juli 2023.

Adapun 14 pelanggaran yang bakal disasar polisi saat Operasi Patuh Jaya 2023 nanti, di antaranya :

1. Melawan arus

2. Berkendara di bawah pengaruh alkohol

3. Menggunakan HP saat mengemudi

4. Tidak menggunakan helm SNI

5. Mengemudi kendaraan tidak menggunakan sabuk

6. Melebihi batas kecepatan

7. Berkendara di bawah umur, tidak memiliki SIM

8. Sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang

9. Kendaraan bermotor roda empat atau lebih tidak memenuhi persyaratan layak jalan

10. Kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar

11. Kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan STNK

12. Pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar marka/bahu jalan

13.Kendaraan bermotor yang memasang rotator dan/atau sirine yang bukan peruntukannya

14. Penertiban kendaraan roda empat yang memakai pelat nomor RFS/RFP

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya