Heru Budi Janji Lanjutkan TOD Tradisi Anies Baswedan

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji untuk melanjutkan pengembangan Transit Oriented Development (TOD) atau kota berorientasi transit tradisi Anies Baswedan.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

"Saran dari PKS untuk perkembangan pembangunan ekonomi. Saya akan lanjutkan, saya teruskan," ujar Heru Budi kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 24 Juli 2023.

Mantan wali kota Jakarta Utara itu mengatakan pihaknya sudah menjalankan program TOD di beberapa titik, salah satunya yaitu di Tanah Abang dan di kawasan Jakarta Selatan.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Bakal capres 2024 Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pemerintah Provinsi DKI di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono dinilai lamban dalam melakukan pengembangan Transit Oriented Development (TOD) atau kota berorientasi transit. Salah satu TOD yang tengah dibangun Pemprov DKI berada di kawasan Dukuh Atas, Menteng, Jakarta Pusat.

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris I Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin, 24 Juli 2023.

"Pengembangan TOD ini seperti berjalan di tempat, sementara pengembangan transportasi publik terus dilakukan termasuk dengan mempercantik halte-halte bus Transjakarta," ujar MTZ.

MTZ menilai TOD memiliki prospek dan potensi yang besar dalam mendukung perekonomian di daerah penyangga Jakarta dan sekitarnya. Sekaligus dapat mendorong penggunaan transportasi publik untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. 

Ilustrasi suasana rapat Paripurna DPRD DKI

Photo :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

"Fraksi PKS meminta agar pengembangan TOD kembali dilanjutkan dan dipercepat di tengah upaya kita untuk terus mengembangkan transportasi publik melalui pengembangan dan pengoperasian berbagai moda transportasi publik," katanya.

Menurut anggota komisi B DPRD DKI Jakarta, pengembangan TOD juga merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan swasta dalam mengembangkan transportasi publik.

MTZ menyebut, kota berorientasi transit juga dapat mendorong penggunaan transportasi publik oleh masyarakat, khususnya pekerja karena terintegrasi dengan kawasan bisnis sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. 

"Itu juga harus dipercepat untuk terus mengembangkan transportasi publik melalui pengembangan dan pengoperasian berbagai moda transportasi publik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya