Hotel F2 yang Terbakar Tewaskan 3 Orang Baru 4 Bulan Beroperasi

Kebakaran di hotel F2 di kawasan Panglima Polim V, Melawai, Kebayoran Baru
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

JakartaKebakaran yang melanda Hotel F2 di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sudah menewaskan tiga orang tamu pada Jumat dini hari 18 Agustus 2023. Ternyata Hotel F2 itu baru beroperaai selama empat bulan.

Sebut Ada Rekaman CCTV Hotel, Nikita Mirzani Ingin Buktikan Arogansi Rizky Irmansyah

Hal tersebut diungkap oleh Ketua RT 02/04 Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Akui (54). Hotel F2 itu ternyata adalah perubahan nama dari hotel sebelumnya, namun kepemilikannya juga sudah berbeda orang.

"Itu kan dahulunya G2 atas nama Bungker, sekarang F2, yang mana sudah berbeda pemiliknya. Kalau hotel itu awalnya dari pemilik sebelumnya, pak Anton, yang mana 3 tahun beroperasi, lalu pemilik sekarang pak Philip baru 4 bulan dia," ujar Akui saat dikonfirmasi pada Jumat 18 Agustus 2023.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Salah satu korban kebakaran berhasil dievakuasi oleh petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) saat kebakaran di salah satu hotel, Melawai, Jakarta Selatan, Jumat, 18 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA

Menurut dia, mulanya hotel F2 itu adalah sebuah bank swasta kemudian berganti menjadi hotel bernama G2. Kemudian, seseorang pemilik hotel G2 itu menjualnya ke seseorang Warga Negara Asing (WNA) bernama Phillip. Kemudian, di tangan Phillip hotel G2 berganti nama dan mulai beroperasi di bulan Ramadhan tahun 2023 dengan nama F2.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

"Itu penginapan, hotel, sama bar di bawah itu, SPA tidak ada karena kalau SPA kan kayak diskotik, itu lingkungannya kecil, lingkupnya tak besar, kalau SPA kan besar yah," kata dia.

Akui menjelaskan ketika dirinya masuk ke dalam hotel saat hotel itu baru beroperasi selama satu bulan. Dia menyebut di lantai 1 terdapat minibar dan tempat untuk nongkrong. Sedangkan lantai 2 dan 3, yang mana terbakar oleh api, dia belum pernah melihat mengunjunginya.

"Kan ganti kepemilikan saja yah, tapi masih sama tetap bentuk fisik bangunannya, menejemennya saja mungkin yang diubah oleh pemilik baru. Pak Philip ini WNA, tapi dia sudah menikah dengan WNI, rumahnya di Cibubur, tapi sering menginap di hotelnya," kata dia.

Menurut Akui, tiga korban tewas bukanlah warga sekitar dan dia tak bisa memastikan apakah korban warga Jakarta ataukah bukan lantaran polisi yang lebih tahu, begitu juga dengan penyebab kebakaran tersebut. Adapun ketiganya ditemukan petugas dalam kondisi telah tewas dari kamar berbeda-beda.

"Kan ganti kepemilikan saja yah, tapi masih sama tetap bentuk fisik bangunannya, menejemennya saja mungkin yang diubah oleh pemilik baru," katanya.

Sebelumnya, tiga nyawa melayang dalam kebakaran di Hotel G2, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 17 Agustus 2023 malam.

Dua diantaranya wanita yang belum diketahui identitasnya. Satu lagi lelaki bernama Hilal (42 tahun). Hal itu dibenarkan perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Sukur Sarwono.

"Korban meninggal tiga orang," ujar dia kepada wartawan, Jumat 18 Agustus 2023.

Adapun kebakaran terjadi sekira pukul 23.50 WIB. Api berhasil dipadamkan pukul 02.40 WIB. Ada 20 unit mobil pemadam yang dikerahkan menjinakan si jago merah. Sementara itu, personel yang diterjunkan jumlahnya mencapai 85 orang.

"Jumlah personil 85 orang," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, total ada enam orang saat kebakaran terjadi di hotel. Namun, tiga orang lagi selamat. Tapi mereka mengalami luka-luka.

"Korban luka tiga orang. Triyana (laki-laki, 25 tahun), Nadia (wanita, 23 tahun), dan Firmansyah (laki-laki, 27 tahun)," ujarnya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya