7 Motor yang Tertabrak Truk di Lenteng Agung Lawan Arus, Polisi Sebut Ada yang Kabur

Sepeda motor korban yang tertabrak truk hebel di Lenteng Agung
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta -- Polisi mengatakan ada beberapa pengendara motor yang kabur buntut merasa bersalah lantaran melawan arah saat terlibat kecelakaan dengan truk, di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Akibat kecelakaan itu, tiga dari lima korban mengalami luka berat.

Detik-detik Avanza Terbakar Usai Ditabrak Pikap di Tol Japek

"Untuk kendaraan lain yang berdasarkan info awal itu ada beberapa motor, itu dia kabur ya mungkin karena merasa salah. Dia kabur sampai sekarang kita belum dapat identitasnya," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Polisi Bayu Marfiando kepada wartawan, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurut saksi di lokasi, tiga pemotor kabur setelah mengalami kecelakaan dengan truk. Polisi masih mencari tahu siapa saja mereka. Bayu mengatakan pemotor menyalahi aturan karena nekat melawan arah. Berdasar tes urine, sopir truk inisial AS (33) negatif mengonsumsi alkohol dan narkoba.

Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

Penampakan Truk yang tabrak pengendara motor di Lenteng Agung

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Sejauh ini, yang melanggar ataupun diduga yang menyebabkan kecelakaan adalah kendaraan roda dua yang melawan arus. Apakah ada dugaan atau kesengajaan atau nggak dari pengendara mobil, itu masih kita dalami. Sejauh ini, yang diduga sebagai penyebab kecelakaan karena kendaraan melawan arus," kata dia.

Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

Jika terbukti pemicu truk menabrak tujuh unit motor di Lenteng Agung adalah pemotor yang lawan arah, maka mereka bakal ditilang. Bukan cuma itu, bila terbukti bersalah dan penyebab pasti kecelakaan pemotor pun terancam dipidana.

"Iya pasti. Kalau penilangan sudah pasti. Iya bukan hanya tilang, kalau ternyata nanti hasil penyidikan mereka salah, ya mereka juga bisa dipidana. Pidana walaupun kerugiannya hanya kerugian materil. Itu prosesnya lanjut, nggak hanya tilang. Tapi nanti mekanisme laka lantasnya (kecelakaan lalu lintas) yang akan kita terapkan," ujarnya.

Meski begitu, Bayu mengatakan pihaknya masih mendalami kemungkinan lain penyebab kecelakaan tersebut. "Apakah ada dugaan atau kesengajaan atau nggak dari pengendara mobil, itu masih kita dalami. Sejauh ini, yang diduga sebagai penyebab kecelakaan karena kendaraan melawan arus," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video di media sosial menampilkan sejumlah pemotor tampak tergeletak di pinggir jalan. Berdasarkan keterangan yang ada di video tersebut pemotor yang tergeletak itu menjadi korban kecelakaan. Para pemotor tersebut ternyata ditabrak sebuah truk yang bermuatan batako kaso.

Masih ada sekitar tiga unit motor terjepit di bagian depan truk. Kemudian beberapa orang pengendara yang menjadi korban penabrakan truk tersebut ada yang tergeletak di trotoar.

Berdasarkan narasi video tersebut, pemotor ditabrak truk muatan batako kaso itu karena melawan arah di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kecelakaan itu terjadi pada Selasa 22 Agustus 2023 pagi ini.

"Harap lebih hati-hati untuk kendaraan roda 2 yang biasa melintas lawan arah sepanjang jalan Lenteng Agung sampai dengan TB Simatupang," bunyi narasi unggahan video itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya