Kasus Cacar Monyet Meningkat, Heru Budi Perintahkan Dinkes DKI Gencar Tracing Ketat

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI untuk gencar melakukan tracing secara ketat masyarakat guna mendeteksi virus cacar monyet di Ibu Kota.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

"Sekali lagi, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan tracing ketat terhadap kelompok-kelompok tertentu. Maka di Jakarta kita tracing terus," kata Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 2 November 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu pun mengakui adanya peningkatan kasus cacar monyet di Ibu Kota. Karena itu, ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat untuk dilakukan vaksinasi.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Meningkat-meningkat (kasusnya) pun ada yang memang harus divaksin, ada yang memang terindikasi, semuanya kita lokalisir," ujarnya.

Juru bicara Satgas Penanganan Pencemaran Udara DKI, Ani Ruspitawati

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, saat ini terdapat 25 kasus positif monkeypox di Jakarta sejak 2022.

"Untuk kasus positif total 25 orang. Satu kasus ditemukan Agustus 2022 dan sudah sembuh," ucap Ani dalam keterangan resminya.

Sementara 24 pasien lainnya terkonfirmasi positif pada Oktober dan November 2023. Sampai saat ini, kata dia, para pasien positif masih menjalani isolasi

Menurutnya, 24 pasien positif cacar monyet tersebut memiliki gejala ringan dan menjalani isolasi di rumah sakit. Para pasien tertular cacar monyet setelah melakukan aktivitas seksual. "Semua tertular dari kontak seksual, semua laki-laki berusia 25-50 tahun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya