Suara Warga soal Bus TransJakarta Tendean-Ciledug

Calon Penumpang Bus TransJakarta Koridor 13, Rute Tendean-Ciledug
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Koridor 13 bus TransJakarta yang melayani rute Tendean-Ciledug resmi beroperasi, Senin, 14 Agustus 2017. Koridor sepanjang 9,3 kilometer ini pun langsung menjadi transportasi alternatif warga.

Ada Demo Buruh, Dua Rute TransJakarta Depan DPR Setop Operasi

Prihartono (45 tahun), warga Cipulir, misalnya. Dia menikmati perjalanan bus yang sebagian besar melewati jalan layang itu. Dengan adanya koridor ini, sangat membantu dia jika akan menuju ke daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Waktu tempuhnya menjadi lebih cepat.

"Wah ya (sangat membantu). Biasanya saya naik angkutan umum bisa satu jam. Tapi sekarang jadi cepat karena lewat jalan layang. Bisa 20 menit doang dari sini (Cipulir) sampai Mampang," katanya.

Hari Ini Layanan Bus Transjakarta Normal Lagi

Dia menambahkan, "Ada busway ini saya coba. Ternyata cepat juga. Daripada naik kendaraan pribadi atau angkot lama kena macet."

Mengenai jam operasional koridor 13 yang saat ini baru hingga pukul 18.00 WIB, ia pun memakluminya. Namun, ia berharap ke depannya, jam operasional koridor ini sampai malam.

Bus Transjakarta Kecelakaan di Depan Halte Wali Kota Jakarta Timur

"Ya tadi dengar katanya sampai jam 6-an saja karena belum ada lampu penerangan. Ya wajar sih daripada bahaya soalnya ini kan jalan layangnya tinggi. Tapi ke depannya kalau bisa sampai malam biar enak," ujarnya.

Pendapat senada dikemukakan Bagus (30), warga Ciledug. Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya bus TransJakarta koridor 13 ini.

"Saya kerja di daerah Pancoran. Kalau dari sini biasa saya jalan jam 8 kalau masuk siang. Soalnya perjalanan bisa sampai 2 jam. Kalau ada ini (Transjakarta) bisa cepat, cuma setengah jam," ujarnya.

Koridor 13 bus TransJakarta Tendean-Ciledug melewati 13 halte. Namun, saat ini baru enam halte yang beroperasi, yakni Halte Tendean, Tirtayasa, Mayestik, Cipulir, Adam Malik dan Puri Beta 2.

Koridor ini juga melayani rute integrasi ke arah Ciledug, yakni Cawang UKI-Ciledug, Pancoran Barat-Ciledug, Blok M-Ciledug dan Bunderan HI-Ciledug. 

Khusus Bundaran HI-Ciledug, jam operasional rute ini hanya mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB. Sedangkan rute lainnya mulai beroperasi pukul 05.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. 

Bus TransJakarta rute ke arah Ciledug tidak beroperasi hingga malam karena belum ada lampu penerangan yang memadai di jalan layang. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya