PKB Belum Ingin Desak Jokowi Jadikan Hari Santri Libur Nasional

Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Santri Nasional di kampus Al Khairiyah, Kota Cilegon, Banten, pada Sabtu, 22 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum ingin mendesak Presiden Joko Widodo untuk menetapkan Hari Santri sebagai hari libur nasional. Sebelumnya, Hari Santri ditetapkan setiap 22 Oktober.

UIN Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023: Bukti Jihad Santri, Jayakan Negeri

Walau ada keinginan agar dijadikan hari libur nasional, apalagi PKB kembali mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pemilu 2019, namun itu belum masuk menjadi bagian yang diminta PKB.

"Kami berterima kasih kepada Pak Jokowi yang menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri. Kita belum meminta sebagai hari libur, tapi kita meminta pemda untuk men-support. Nanti kebanyakan hari liburnya," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Jazuli Fawaid di DPP PKB, Jakarta, Rabu 26 September 2018.

Selepet Anies Pakai Sarung Sampai Kesakitan, Cak Imin: Mumpung Belum jadi Presiden

Jazuli menegaskan, perayaan Hari Santri bukan hanya milik masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Namun, milik semua warga negara Indonesia dari berbagai agama dan suku apa pun. 

"Hari Santri harus menyatukan semua elemen bangsa," katanya.

Momen Hangat Presiden Jokowi Sapa Para Menterinya di Hari Santri: Saya Kira Menag Komandan Kopassus

Dalam rangkaian peringatan Hari Santri, PKB akan menggelar berbagai kegiatan yang bisa merangkul banyak pihak. Seperti menggelar jalan sehat sarungan, yang rencananya akan digelar di Monas pada Minggu pekan depan.

"Kenapa sarungan? Karena unik, salah satu simbol yang menurut sejarah adalah sebuah perlawanan terhadap Belanda," jelasnya.

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina Serukan Perlindungan

Sebanyak 15 ribu santri menggelar kirab yang diadakan terpusat di Taman Elektrik, Kota Tangerang, Minggu, 12 November 2023.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2023