Ratusan Penghuni Lapas Aceh Kabur gara-gara Provokasi Enam Napi

Polisi berjaga di pintu masuk Lapas Kelas II A Banda Aceh di Lambaro setelah 113 napi di lapas itu kabur pada Jumat, 30 November 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Kepolisian Daerah Aceh menyebutkan ada enam narapidana otak pelaku peristiwa kaburnya 113 narapidana di Lapas Kelas II A Banda Aceh di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, pada Kamis 29 November 2018.

Aneh, Pria Ini Nyamar Jadi Domba Untuk Kabur dari Penjara

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh, Ajun Komisaris Besar Polisi Ery Apriyono, berdasarkan pemeriksaan napi yang ditangkap lagi, didapat keterangan bahwa pemicunya ialah provokasi enam orang napi kepada seratusan napi agar kabur dari lapas.

“Enam napi yang memicu kerusuhan dan kaburnya napi lain. Masing-masing 4 orang napi kasus narkoba dan 2 orang kasus pembunuhan,” kata Ery Apriyono saat dikonfirmasi pada Sabtu, 1 Desember 2018.

Kronologi Penyerangan Penjara Meksiko yang Bebaskan Pemimpin Kartel Caborca

Kepala Polda Aceh, kata Ery, memerintahkan aparatnya untuk membentuk tim gabungan agar mengejar dan menangkap para napi yang kabur. Juga menindak tegas pada enam napi provokator kerusuhan dan pembobolan Lapas.

Seorang dari enam napi itu, berinisial SY, ditangkap pada Jumat malam, sementara lima lainnya masih buron dan menjadi incaran pengejaran khusus aparat kepolisian.

Aksi Bokir Kabur dari Lapas Cipinang Terekam CCTV, Ini Penampakannya

Hingga hari ini, napi yang berhasil ditangkap sudah mencapai 36 orang. Identitas napi yang masih kabur akan dirilis foto dan datanya lalu disebarluaskan guna mempersempit ruang gerak pelarian mereka.

2 napi yang kabur dari penjara

Narapidana Gali Lubang untuk Kabur dari Penjara, Malah 'Mendarat' di Restoran Cepat Saji

Dalam sebuah pernyataan, kantor sheriff Newport News mengatakan 2 narapidana dinyatakan hilang selama penghitungan rutin sekitar pukul 7 malam yang ternyata mencoba kabur

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2023