Logo timesindonesia

Mulai Tahun Ini, Paskibra Putri Kenakan Celana Panjang

Paskibra putri mulai tahun ini akan mengenakan celana panjang untuk memudahkan pergerakan dalam baris berbaris. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Paskibra putri mulai tahun ini akan mengenakan celana panjang untuk memudahkan pergerakan dalam baris berbaris. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Mulai tahun 2019 ini, anggota putri Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional mengenakan celana panjang untuk memudahkan pergerakan dalam baris berbaris. Selama ini anggota putri Paskibraka pakai rok, lalu mengenakan kaos kaki panjang.

"Tapi tahun ini Paskibra Putri mengenakan celana panjang," ujar Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni'am Sholeh seperti dikutip dari Antara, Sabtu (27/7/2019).

Kemenpora mengganti seragam anggota putri Paskibra Nasional 2019 itu untuk memudahkan baris-berbaris. Bahkan kebijakan baru itu juga telah melalui rangkaian koordinasi dengan berbagai instansi terkait. 

Disebutkan, mengenakan rok bagi anggota Paskibraka putri saat bertugas memang tampak sederhana. Tapi sesungguhnya pakaian jenis ini dinilai menyulitkan gerakan saat baris berbaris. 

Dengan kebijakan baru mengenakan celana panjang ini, lanjut Asrorun, anggota putri Paskibraka bisa bergerak lebih mudah. Jenis pakaian itu juga dinilai selaras dengan anggota putri yang selama ini berhijab. 

"Sudah dua kali rapat terbatas rapat untuk koordinasi penggunaan celana panjang putri ini dengan lintas sektor. Kebijakan ini juga sudah diterapkan di lingkungan TNI dan Polri," tambahnya.

Karena itu mulai tahun 2019 ini, anggota putri Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional mengenakan celana panjang dalam rangka memudahkan pergerakannya dalam baris berbaris. (*)