Deretan Pesan Habibie untuk Anak Bangsa

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.
Sumber :
  • Dok. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/foc.

VIVA – Presiden ke 3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu sore, 11 September 2019, pukul 18.05 WIB.

Ini Pesan Babe Cabita Saat Dokter Mengatakan Usianya Tak Lama Lagi

Pemerintah lantas menetapkan tiga hari berkabung nasional, sejak 12 September hingga 14 September 2019. Masyarakat Indonesia berduka atas kepergian sang Bapak Demokrasi.

Jenazah Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019. Sebelum meninggal, Habibie sempat meninggalkan wasiat bagi masyarakat.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Wasiat tersebut diungkapkan anak sulung Habibie, Ilham Akbar Habibie. Saat memberikan pidato keluarga, Ilham mengatakan bahwa Habibie berwasiat untuk terus bersatu sesama anak bangsa.

Ilham Habibie

Pesan Bijaksana dari Zecky Alatas untuk Kawula Muda Masa Kini

"Bapak punya jejak dan wasiat tidak hanya di Indonesia, tetapi di negara-negara lain. Mari kita belajar dari semangat Habibie, yang saya gambarkan, biarpun bapak mau wafat, dia minta kami tetap bersatu dalam situasi apa pun dan kebersatuan ini saya kira bisa diterapkan di Indonesia, karena kita semua adalah keluarga," kata Ilham Akbar Habibie di TMP Kalibata.

Ilham menambahkan, Habibie wafat dengan penuh cinta dari keluarga, saudara, teman, serta kerabat lainnya. Habibie juga merupakan sosok yang tidak pernah menyerah dan selalu ingin belajar semasa hidupnya.

Habibie juga dikenal sebagai sosok yang terbuka kepada semuanya kalangan. Habibie merangkul semua pihak tanpa membeda-bedakan. "Kita selalu mencoba melihat yang baik kepada siapa pun dan me-manage yang kurang baik," ujar Ilham.

Interaksi Habibie dengan banyak kalangan menimbulkan kesan mendalam. Berikut ini, beberapa pesan Habibie lainnya:

Jaga NKRI

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto menyampaikan, Habibie berpesan terkait masalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam pesannya, Habibie ingin generasi penerus bisa mewarisi founding fathers.

Menko Polhukam Wiranto member keterangan pers terkait kondisi kerusuhan Papua.

"Beliau mengingatkan kita, untuk merawat menjaga negeri ini yang diwarisi dari para pendahulu kita para founding fathers," ujarnya di Situbondo, Jawa Timur, Kamis 12 September 2019.

Wiranto menuturkan, Habibie merupakan sosok luar biasa dengan kecerdasan di bidang teknologi. "Salah satu keunggulan kecerdasan beliau,\ kemampuan beliau untuk menguasai teknologi tinggi telah disumbangkan kepada negeri ini," ujarnya. Baca: Wiranto Ingat Pesan Khusus Habibie soal Jasa Founding Fathers

Waspada Godaan

Pengusaha nasional Erick Thohir menyampaikan, BJ Habibie telah banyak berperan terhadap kebebasan pers di Indonesia. Rekam jejak BJ Habibie telah memberi contoh. Selain pernah menjadi Presiden, BJ Habibie adalah tokoh yang memprakarsai industri penerbangan.

Erick Thohir

Menurut Erick, hubungannya dengan BJ Habibie memang cukup dekat secara emosional. Banyak petuah BJ Habibie yang menjadi pedoman Erick dalam melangkah atau mengambil keputusan.

“Pesan Beliau selalu kepada saya, bagi kita itu sebagai manusia selalu ada godaan. Dan, itu yang harus kita jaga. Apalagi, ketika kita menjabat sebuah, mohon maaf, kepentingan atau sebuah tempat yang tentu menjadi tempat orang berpanut,” tuturnya. Baca: Erick Thohir Ingat Terus Petuah BJ Habibie soal Godaan Dunia

Mencintai Negeri

Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah dan Wakapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Arya Perdana, menilai sosok BJ Habibie sangat berkesan. Keduanya perwira jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 itu adalah satu-satunya angkatan yang pernah merasakan langsung dilantik oleh BJ Habibie.

Kapolresta Depok Ajun Komisaris Besar Azis Adriansyah

Sebagai perwira Akpol yang sempat dilantik langsung oleh BJ Habibie, Azis pun mengaku masih mengingat betul pesan yang disampaikan kala itu. “Pesan Beliau kepada kami, jangan pernah berhenti mencintai negeri ini,” kata Azis. 

Maju Terus

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membeberkan satu kisah yang baginya tak terlupakan. Itu terjadi saat berjumpa Habibie di sebuah acara yang digelar PDIP beberapa waktu silam di Ancol, Jakarta. "Tiba-tiba ada yang menepuk pundak saya. Saya kaget ternyata Pak Habibie," kata suami Siti Atiqoh itu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bukan hanya ditepuk pundaknya beberapa kali, Ganjar mengatakan BJ Habibie juga sempat menyampaikan pesan. Kalimatnya singkat, namun bagi Ganjar, kalimat itu sudah membuatnya bergetar karena sarat makna. "Anak muda, maju terus," kata Ganjar.

Dengan intelektualitasnya yang tinggi, Habibie memang dikenal sebagai tokoh yang ungkapannya memiliki makna yang dalam. Bagi Ganjar, ungkapan tersebut jadi sebuah berkah meskipun sebenarnya masih bertanya-tanya apa sejatinya makna tepukan di pundak dan ungkapan 'maju terus' yang dilontarkan Habibie. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya