Serunya Bocah-bocah Teropong Gerhana Matahari di Masjid Al Akbar

Sejumlah anak mengamati gerhana Matahari cincin melalui teleskop di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 26 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Masjid Al Akbar Surabaya dan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Jawa Timur menggelar salat dan nonton bareng gerhana di Masjid Al Akbar Surabaya pada Kamis, 26 Desember 2019. Diminati bocah-bocah, sembilang teropong khusus disiapkan untuk menyaksikan proses gerhana.

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Pengamatan VIVAnews di lokasi, para orang tua beserta anaknya berdatangan di Masjid Al Akbar sejak sekira pukul 10.00 WIB. Sembilan teropong khusus disediakan petugas di halaman timur masjid. Bocah-bocah bergantian memamfaatkan teropong itu untuk memantau pergeseran matahari hingga terjadi gerhana cincin.

Di dalam masjid, tiga layar lebar untuk menyaksikan proses gerhana disediakan panitia. Jemaah melaksanakan istigasah dan doa bersama usai salat zuhur. Sekira pukul 12.40 WIB, salat jemaah Gerhana Matahari digelar. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir dan mengikuti salat gerhana.

Top Trending: Gerhana Matahari dalam Ramalan Jayabaya hingga Warga Salat Tarawih di Alfamart

Juru bicara Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor, mengatakan bahwa ada tiga aspek kegiatan itu dilaksanakan, yakni aspek pariwisata, edukasi, dan ibadah. "Aspek pariwisata karena sekarang bertepatan dengan libur sekolah," katanya kepada VIVAnews.

Sejumlah warga mengamati gerhana Matahari cincin melalui teleskop di Masjid Al A

Gerhana Matahari yang Terjadi 8 April Ternyata Masuk dalam Ramalan Jayabaya

Aspek edukasi karena kegiatan itu memberikan wawasan dan pengetahuan astronomi kepada masyarakat, terutama anak-anak. Makanya ada sembilan teropong khusus disediakan panitia bagi masyarakat. "Teropongnya dari Lembaga Falakiyah NU Jatim," ujarnya.

Kegiatan ini, menurut Helmy, juga mengandung aspek ibadah, sebagai bentuk rasa syukur dan pengakuan hamba Muslim atas kebesaran Tuhan. "Aspek ibadahnya ada kegiatan salat gerhana dan istigasah dilaksanakan di Masjid Al Akbar," katanya.

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024