Aktivis Pusaka Sudarto Ditangkap Polisi Gara-gara Tulisan di Facebook

Surat penangkapan Sudarto
Sumber :
  • Twitter @DamarJuniarto

VIVA – Kepolisian Daerah Sumatera Barat menangkap aktivis Pusaka Sudarto, Selasa 7 Januari 2020. Dia diringkus diduga lantaran membuat tulisan di akun media sosialnya Facebook terkait dengan polemik perayaan Natal di Kabupaten Dharmasraya Desember 2019 lalu yang akhirnya ditiadakan.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Surat penangkapan Sudarto sudah tersebar luas di media sosial. Penelusuran VIVAnews, surat penangkapan itu diungkapkan oleh salah satu akun @DamarJuniarto.

Dia menyebut jika saat ini Sudarto sudah dibawa ke Polda Sumatera  Barat dan tengah menjalani pemeriksaan. Dari surat penangkapan yang tersebar itu, Sudarto disangkakan pasal • Pasal 28 ayat 2 UU ITE jo. Pasal pidananya 45 A ayat 2 UU ITE
dan Pasal 14-15 UU No. 1 Tahun 1946.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

"Ini mengejutkan! Pak Sudarto, peneliti Pusaka yang mengangkat persoalan diskriminasi agama di Kab. Dharmasraya ditangkap kepolisian daerah Sumatera Barat. Surat penangkapan Polda Sumbar atas Pak Toto bertanggal 7 Januari 2020 sudah beredar di kalangan aktivis HAM," tulis Damar yang dikutip VIVAnews.

Damar melalui cuitannya mengupdate setiap perkembangan terkait proses penangkapan Sudarto.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

"Update:  Saat ini Pak Toto sudah di Polda Sumbar dan didampingi LBH Padang. Semoga bisa diupayakan yang terbaik.@LbhPadang @YLBHI @safenetvoice @pakuite," tulis dia.

>
Logo Facebook.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

The Taliban in Afghanistan have announced plans to restrict or completely block access to Facebook, a move condemned by rights activists. The Taliban’s acting minister of

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024