Satu Pasien Positif Corona di Pekalongan Meninggal Dunia

Petugas medis saat mengambil spesimen dari pasien suspect virus Corona Covid-19. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

VIVA – Seorang pasien positif Corona atau Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kraton Kabupaten Pekalongan, dinyatakan meninggal dunia. Diketahui pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki dan sudah dirawat sejak tanggal 17 Maret 2020.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Iya benar meninggal, pasien itu sudah kakek-kakek berusia 73 tahun," ujar Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat dikonfirmasi VIVAnews, Minggu, 29 Maret 2020 malam.

Dikatakan Asip, pasien tersebut meninggal pada Minggu 29 Maret 2020 pukul 15.35 WIB. Pasien tersebut merupakan warga Kabupaten Pemalang dan sudah menetap di Jakarta. "Pasien aslinya berasal dari Pemalang dan sudah ber KTP Jakarta Selatan," ujarnya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sebelumnya, lanjut Asip, pasien tersebut pernah dirawat di Jakarta, namun dinyatakan membaik dan dipulangkan. Setelah itu, merasa kembali sehat pasien kemudian berkunjung ke Kabupaten Pemalang.

"Datang dalam rangka menengok anaknya di Ponpes Ulujami, Pemalang, kemudian kembali merasakan keluhan gangguan pernafasan, batuk dan demam," katanya.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Setelah kembali merasakan sakit, pasien pada tanggal  16 Maret 2020 sekitar pukul 16.30 WIB berobat di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Karena kondisinya mirip gejala corona, pasien dirujuk ke RSUD Kraton sebagai salah satu rumah sakit rujukan covid-19.

"Sehari kemudian dirujuk ke RSUD Kraton. Disana dilakukan uji swab dan mengirimkan hasil pemeriksaan ke Litbangkes Pusat, hasilnya dinyatakan positif pada tanggal 22 Maret lalu," ujar Asip.

Saat ini, pasien sudah dibawa ke kampung halamannya di Pemalang. Jenazah sudah dimakamkan di Ulujami pada pukul 19.00 WIB. "Malam ini sudah dimakamkan oleh tim tenaga medis," ujar Asip..


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya