Update Corona Jatim: Positif Tambah 115, Separuh dari Surabaya

VIVA – Jumlah kasus virus corona atau covid-19 di Jawa Timur bertambah secara signifikan pada Selasa, 12 Mei 2020, yaitu 115 kasus. Dengan demikian, jumlah total saat ini sebanyak 1.649 kasus. Dari jumlah itu, 1.213 pasien masih dirawat, pasien yang sudah sembuh sebanyak 274 orang, dan yang meninggal dunia sebanyak 162 pasien.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dari 115 tambahan kasus baru itu, separuh diantaranya berasal dari Kota Surabaya yaitu 57 kasus. Di bawahnya ada Kabupaten Sidoarjo sebanyak 18 kasus, 11 kasus di Kabupaten Probolinggo, lima kasus masing-masing di Kota Pasuruan dan Kabupaten Nganjuk, dan empat kasus masing-masing di Kabupaten Lumajang dan Gresik.

Lalu di tiga kasus di Kabupaten Jombang, dua kasus di Kabupaten Kediri, dan satu kasus masing-masing di Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Lamongan, dan Sampang. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Nah, Sampang adalah kabupaten terakhir yang kini berstatus zona merah, setelah sebelumnya selama hampir dua bulan bertahan di zona hijau. Dengan demikian, kini seluruh kabupaten/kota di Jatim sudah berstatus zona merah.

Agak melegakan karena jumlah pasien sembuh juga bertambah cukup banyak, yaitu 17 pasien. Dengan demikian, jumlah total pasien corona yang sembuh di Jatim sementara ini sebanyak 274 orang. Namun pasien positif corona yang meninggal dunia juga bertambah tujuh orang. Dengan demikian, total pasien meninggal sementara ini sebanyak 162 orang.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Adapun jumlah pasien dalam pengawasan atau PDP di Jatim bertambah menjadi 4.280. dari jumlah itu, yang masih diawasi sebanyak 1.910 orang, selesai diawasi sebanyak 1.949 orang, dan yang meninggal dunia sebanyak 412 orang. 

Sedangkan orang dalam pemantauan atau ODP bertambah menjadi 21.567. Rinciannya, 4.298 orang masih dipantau, 17.193 orang selesai dipantau, dan 76 orang meninggal dunia.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak menegaskan, tambahan 115 kasus itu adalah yang diumumkan pada Selasa ini, bukan yang dinyatakan terkonfirmasi positif di hari saat pengumuman. Ia juga menegaskan kasus berdasarkan domisili pasien, bukan rumah sakit pasien dirawat.

Emil kemudian menyebut tambahan kasus corona di tiga daerah yang kini menerapkan  Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, yaitu di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik. 

“Dari kasus baru 115, sejumlah 57 (pasien positif) berdomisili di Kota Surabaya, kemudian 18 (pasien) berdomisili di Kabupaten Sidoarjo, ditambah Gresik sebanyak empat (pasien),” katanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Selasa malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya