New Normal, Panglima TNI: Mal Kapasitas 1.000 Cuma Diizinkan 500 Orang

Panglima TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Mal-mal di Indonesia direncanakan hanya diisi setengah atau separuh dari kapasitasnya saat new normal atau pelaksanaan aktivitas masyarakat dengan penyesuaian atas pandemi Covid-19 diterapkan.

Kabar Terbaru Ipda Irfan Urane Anak Buah Irjen Karyoto, Kini Jadi Atasannya Bang Jacklyn

Menurut Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, hal itu merupakan salah satu strategi supaya virus corona bisa ditekan penularannya.

"Contohnya mal yang kapasitasnya seribu, mungkin akan kita izinkan untuk 500 saja dan kita awasi," ujar Hadi usai mendampingi presiden Joko Widodo meninjau kesiapan new normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2020.

Viral Curhatan Netizen Susah Pulang saat Tahun Baruan di Bundaran HI Gegara Antre Naik MRT

Hadi menyampaikan, hal serupa, dilakukan juga di tempat-tempat umum lain, seperti restoran, hingga tempat wisata. TNI-Polri akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penetapan aturan ini.

"Termasuk juga rumah makan, harusnya mungkin (diisi) 500 (orang), kita batasi 200 saja," ujar Hadi.

Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta Menyisakan 130 Ton Sampah

Hadi juga mengemukakan, di tahap awal, new normal akan dilaksanakan di empat provinsi, juga 25 kabupaten/kota yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). TNI/Polri akan mengerahkan hingga 340 ribu personel di 1.800 objek untuk mendisiplinkan masyarakat yang beraktivitas.

"Obyeknya (pendisiplinan masyarakat) adalah tempat-tempat lalu lintas masyarakat, kemudian mal-mal, pasar-pasar rakyat, kemudian tempat-tempat pariwisata," ujar Hadi.

Jalur Car Free Day di Jalan Sudirman dekat Bundaran HI

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meniadakan Car Free Day (CFD) karena masih dalam momen cuti bersama lebaran idul fitri 1445 hijriah

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024