5 Korban Tersambar Petir di Lebak Banten Masih Kritis

Ilustrasi petir
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Korban kritis yang tersambar petir di Lebak Banten bertambah, dari sebelumnya tiga, kini menjadi lima orang. Semuanya mendapatkan perawatan di RS Pelabuhan Ratu, Sukabumi, yang jaraknya lebih dekat daripada RS Malingping, milik Pemprov Banten.

Kisah Miris Sekeluarga Lumpuh di Lebak, Bertumpu Kayu untuk Bergerak hingga Guling-guling

Korban tersambar petir yang mengalami luka ringan, masih mendapatkan perawatan di Puskesmas Cilograng. Sedangkan korban tewas masih berjumlah tiga orang.

"Lima orang dibawa ke RS Pelabuan Ratu yang kritis yah. Yang lainnya luka ringan, dan berat. Yang luka ringan di Puskesmas kita. Total ada 23 yang kena petir," kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, di Pendopo KP3B Kota Serang, Banten, Selasa 18 Agustus 2020.

Detik-detik Pagar Perlintasan KA di Rangkasbitung Dibongkar Paksa Warga

Baca juga: 23 Warga Tersambar Petir Saat Nonton Sepakbola HUT RI ke-75, 3 Tewas

Iti ikut prihatin dan berbelangsungkawa. Dia mengaku kejadian itu tidak bisa diprediksi, lantaran fenomena alam dan di luar kuasa manusia.

Resolusi Maja Bakal 'Perkuat' Aksi Akbar Buruh 10 Agustus

"Tapi kan itu di luar kuasa (manusia), (itu) kuasa Allah. Saya juga ikut prihatin dan bisa menjadi pembelajaran di masyarakat," terangnya. 

Wanita yang juga menjabat Ketua DPD Demokrat Banten ini mengaku sudah melakukan sosialisasi dan imbauan ke warga, baik melalui kepala desa, camat hingga terjun langsung ke masyarakat agar tidak berkerumun. Namun warga merasa wilayahnya zona hijau, tetap melakukan aktivitas yang menyebabkan kerumunan massa.

Bahkan larangan berkerumun hingga penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Lebak sudah di atur melalui Perbup nomor 28 tahun 2020. Jika ada masyarakat yang tidak mengenakan masker, akan di denda Rp 150 ribu. Sedangkan bagi perusahaan yang tidak menerapkan protokol kesehatan di denda Rp 25 juta.

"Kita sedang melakukan uji coba Perbup 28 tahun 2020 sebetulnya. Hal itu juga, menghindari kerumunan. (Semoga peristiwa ini) bisa menjadi pembelajaran di masyarakat untuk mentaati perbup yang kita keluarkan untuk kepentingan bersama," jelasnya.

Sebelumnya sempat diberitakan pada Senin, 17 Agustus 2020, sekitar pukul 16.30 wib, 23 warga Desa Girimukti, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, tersambar petir.

Sebelum kejadian, ratusan warga menyaksikan pertandingan sepak bola untuk merayakan HUT RI ke-75. Kemudian turun hujan disertai petir. Nahas, petir menyambar mereka. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya