Logo ABC

Vaksin Corona di Indonesia: Kapan Tersedia dan Bisa Bebas Pandemi?

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Bio Farma untuk melihat kesiapan fasilitas produksi vaksin COVID-19, Selasa pekan lalu (11/08).
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Bio Farma untuk melihat kesiapan fasilitas produksi vaksin COVID-19, Selasa pekan lalu (11/08).
Sumber :
  • abc

Sejumlah negara di dunia berlomba-lomba untuk pengadaan vaksin virus corona dengan mengembangkan potensi vaksin hingga membuat kesepakatan dengan negara lainnya.

Enam bulan sejak pertama kali kasus COVID-19 diumumkan di Indonesia, angka penularan virus corona masih terus naik.

Keberadaan vaksin menjadi harapan banyak kalangan, termasuk Presiden Joko Widodo yang berharap masyarakat sudah bisa disuntik vaksin COVID-19 awal tahun depan.

"Saya meyakini, insya Allah di bulan Januari kita sudah mulai suntik vaksin [COVID-19]," ujarnya yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, akhir Agustus lalu.

Ada berapa vaksin yang sedang dikembangkan di Indonesia? A pair of hands in latex gloves holds a vaccine vial and syringe as it is injected into an arm Uji klinis tahap pertama dari vaksin potensial untuk COVID-19 di Kaiser Permanente Washington Health Research Institute di Amerika Serikat. (AP: Ted S Warren)

Setidaknya ada dua jenis vaksin yang saat ini sedang dikembangkan oleh Indonesia.

Bio Farma telah ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk bermitra dengan Sinovac Biotech Ltd, perusahaan biofarmasi asal China, untuk memproduksi vaksin.