Kakak yang Tenggelam Demi Menolong Adiknya, Ditemukan

Pencarian nelayan tenggelam di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Faisal (20), yang tenggelam dan hilang di perairan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, akhirnya ditemukan Tim SAR gabungan. Ia tenggelam dan hilang, saat menyelamatkan adiknya ketika kapal mereka dihantam ombak. 

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Nahas, Faisal ditemukan sudah tidak bernyawa. Sementara adiknya, selamat. Korban merupakan seorang nelayan, dan ditemukan setelah beberapa jam tim menyisir kawasan pantai, Jumat, 20 November 2020.

Faisal yang merupakan warga di Dusun V Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara ditemukan petugas SAR tidak jauh dari bibir Pantai Cermin.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 13.35 WIB sejauh sekitar 6 km dari bibir pantai," ujar Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus kepada wartawan, Jumat, 20 November 2020.

Baca juga: Demi Tolong Adik, Sang Kakak Tenggelam dan Hilang di Laut

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Pencarian dan evakuasi ini melibatkan Basarnas Medan, Polairud, PMI Sergai, Tagana, Potensi SAR lainnya dan pemerintah setempat serta nelayan sekitar.

"Setelah korban berhasil ditemukan, petugas langsung mengevakuasinya dan diserahkan kepada pihak keluarga. Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," tutur Sariman. 

Sebelum tenggelam dan hilang, korban Faisal mencoba menyelamatkan adiknya bernama Fahri Hidayat (17). Keduanya, pergi melaut untuk mencari ikan. 

Mereka berdua satu perahu  menuju perairan Pantai Sri Mersing. Dua nelayan lainnya, Sartono (40) dan Sariadi (25), juga warga Desa Arapayung, beriringan dengan mereka menggunakan perahu berbeda. 
 
Sekitar 1,5 mil dari bibir pantai, Faisal dan Fahri mulai menebar jaring. Namun tiba-tiba perahu mereka dipukul ombak dan karam. Faisal berupaya menolong adiknya yang belum terbiasa ke laut. “Kemungkinan abangnya kelelahan sehingga dialah yang menjadi korban,” ujar Kapolsek Pantai Cermin, Ajun Komisaris Polisi Teddy Napitupulu.

Rekan korban melihat kejadian itu, langsung menolong keduanya. Fahril berhasil ditolong, sementara Faisal yang sempat dicari tidak ditemukan di sekitar lokasi kapal tenggelam.

Mereka pun kembali ke darat dan melaporkan kejadian itu kepada Polsek Pantai Cermin. Kemudian, petugas kepolisian berkoordinasi dengan Tim SAR Medan dan dibantu nelayan sekitar melakukan proses pencarian Faisal yang tenggelam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya