Saat Sandiaga Tenteng Sendiri Bantuan untuk Pelaku UMKM di Siak

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu Netty (43), seorang pegiat UMKM pengolahan semangka di Desa Dayun, Kabupaten Siak, Riau. 

Amanda Soemedi Bey Machmudin Antusias Saksikan Parade Kriya dan Budaya HUT Dekranas 2024

Sandiaga mengatakan Netty dan kelompok ibu-ibu di Desa Dayun yang tergabung dalam Rumah Produksi SeDesa Kaya bisa mengolah komoditi utama yaitu semangka menjadi berbagai produk mulai dari manisan, brownies, dan sirup.

"Saya sudah keliling Indonesia belum pernah menemukan produk semangka ini, hanya ada di Desa Dayun," kata Sandiaga, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Produk Kerajinan Tangan Jabar Ramaikan Expo Dekranas

Menparekraf Sandiaga Uno (kanan)

Photo :
  • Istimewa

Sandiaga menyebut, beberapa kendala dihadapi ketika proses produksi terutama untuk pembuatan brownies. Netty kerap kewalahan dan tidak dapat menampung apabila menerima banyak pesanan. Hal ini karena tidak memiliki alat pengukus yang memadai.

UMKM Bisa Dapat Suntikan Modal hingga Rp 300 Juta dari J&T Express, Simak Syaratnya

"Ternyata Bu Netty mengalami kesulitan produksi karena dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Dayun banyak order yang tidak tertampung. Salah satu kendalanya adalah minimnya alat-alat produksi," lanjut Sandiaga.

Lalu Sandiaga menenteng sendiri bantuan berupa alat kukus atau klakat untuk meningkatkan produksi olahan semangka tersebut.

"Dan hari ini tanpa lama, tidak usah pakai proposal, tidak usah pakai pengajuan dan lain sebagainya kita hadirkan bantuan alat produksi yaitu alat kukus ukuran 45 cm x 45 cm yang bisa menampung 10 loyang," tegas Sandiaga.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, dengan meningkatnya produksi diharapkan bisa menambah penghasilan serta membuka lapangan pekerjaan. 

"Ini adalah bagian dari 1,1 juta lapangan kerja baru," ungkapnya.

Baca juga: Elite Golkar Enggan Respons Pernyataan Zulkifli Hasan Dukung Sandiaga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya