Pengamen Bikin Geger, Dicari Polisi Dikira Tewas Dia Asyik Ngudud

Pengamen yang disangka tewas di gorong-gorong ternyata selamat
Pengamen yang disangka tewas di gorong-gorong ternyata selamat
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani

VIVA Nasional – Warga Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya digegerkan dengan informasi adanya seorang pria yang masuk ke dalam gorong-gorong saat lokasi tersebut diguyur hujan lebat pada Kamis, 22 September 2022. Warga pun terus mengamati dan mencari pria tersebut di sepanjang gorong-gorong yang berada di bawah trotoar jalan tersebut. 

Karena lama tak kembali ke luar gorong-gorong dan mengira pria tersebut meninggal, akhirnya warga melaporkan kejadian itu kepada petugas. Sontak saja, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya dan aparat kepolisian dari tim Unit Inafis Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota, beserta dari Polsek Mangkubumi langsung mendatangi lokasi kejadian. Petugas langsung sigap mengevakuasi pria tersebut.

Pengamen yang disangka tewas di gorong-gorong sedang santai sambil merokok

Pengamen yang disangka tewas di gorong-gorong sedang santai sambil merokok

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani

Saat petugas dan warga sekitar sudah panik dan akan melakukan evakuasi, tiba-tiba pria yang masuk ke dalam gorong-gorong tersebut ada di sekitar TKP dan bergabung dengan petugas. Ia keluar dari lobang hilir gorong-gorong. Sedangkan saat masuk ia melalui jalur hulu. Sehingga, petugas fokus melakukan pencarian di arah hulu.

Kapolsek Mangkubumi, Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Hartono membenarkan kejadian tersebut. Mulanya, polisi menerima laporan dari masyarakat bahwa ada seorang pria yang masuk ke dalam gorong-gorong. Kemudian, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD. Setibanya di lokasi dan akan dilakukan evakuasi, ternyata pria tersebut masih hidup.

"Awalnya ada laporan dari masyarakat bahwa ada seorang pria masuk ke gorong-gorong. Sekitar jam 9 sampai jam 11 belum keluar lagi, makanya dengan sigap saya perintahkan anggota untuk lakukan cek TKP koordinasi dengan BPBD. Setelah akan dilakukan evakuasi, ternyata orang tersebut keluar. Jadi masih ada, masih hidup," kata Kapolsek Mangkubumi, Iptu Hartono

Gorong-gorong tempat pengamen di Tasikmalaya menghilang

Gorong-gorong tempat pengamen di Tasikmalaya menghilang

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani

Saat ditanya petugas, jawaban pria tersebut mencengangkan. Ia masuk ke dalam gorong-gorong lantaran peduli terhadap salur air di sekitar lokasi. Saat hujan datang, gorong-gorong itu saluran airnya tersumbat. Maka dari itu, ia turun ke dalam gorong-gorong untuk membersihkan sampah yang menyumbat saluran air.

"Alasan masuk ke gorong-gorong karena dia akan membersihkan saluran yang tersumbat. Dia katanya akan membersihkan sampah yang tersumbat," ucap Hartono.

Diketahui, pria yang mengegerkan warga itu bernama Supiadi (49), Kampung Wera, Desa Ciandum, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Sehari-hari, ia sering mengamen di sekitar lokasi kejadian. 

Laporan; Denden Ahdani/tvOne Tasikmalaya