Terharu, Anies Ungkap Curhatan Warga yang Rumahnya Hendak Digusur untuk Tol

Bakal capres Anies Baswedan di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan mengungkap curhatan seorang warga Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta, yang ia temui beberapa waktu lalu. Anies terharu lantaran warga itu merelakan rumahnya untuk pembangunan tol.

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

Curhatan itu disampaikan Anies saat hadir dalam acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di Tenis Indoor Senayan, GBK, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Mei 2023.

"Saya datang ke sebuah tempat namanya Sentolo, Sentolo itu di Kulon Progo. Ngobrol dengan warga di tempat itu, mereka cerita, 'Pak Anies, di tempat ini sudah diukur, akan dipakai untuk pembangunan jalan tol, rumah saya akan kena'," kata Anies menirukan warga Sentolo saat bercerita dengannya, Minggu, 7 Mei 2023.

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Saat itu, Anies bertanya bagaimana perasaan warga itu kala mengetahui rumahnya akan digusur untuk pembangunan jalan tol. Warga itu pun mengatakan dirinya rela, rumahnya kena titik pembangunan tol. Sebab, pembangunan tol merupakan kepentingan negara untuk masyarakat luas.

Timnas Amin Resmi Dibubarkan, PKS Ungkap Hal Ini

"Kemudian saya tanya 'Bagaimana Pak, rumahnya kena? Kata dia, oh enggak apa-apa Pak, biarkan tanah ini dipakai untuk pembangunan karena ini untuk kepentingan negara, untuk kepentingan masyarakat banyak," ucapnya. 

Eks Gubernur DKI Jakarta itu merasa terharu lantaran warga itu kondisinya masih belum sejahtera. Namun, dia rela melepas rumah yang ia tinggali demi kecintaan pada Indonesia. 

"Dia belum sejahtera, dia kondisinya masih minim tapi dia mau mengatakan pada semua bahwa kecintaan kami bukan berdasarkan kekayaan material. Kami mencintai republik ini secara tanpa syarat," pungkas Anies. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya