Tiga KUD Mitra Asian Agri di Jambi Menandatangani Program Peremajaan Sawit Rakyat

Penandatanganan PKS Program PSR di Jakarta, Jum’at (09/06)
Sumber :
  • Asian Agri

VIVA – Sedikitnya tiga Koperasi Unit Desa (KUD) mitra Asian Agri melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan pihak perbankan, selaku penyalur bantuan. Kegiatan tersebut dilakukan di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Adapun ketiga KUD tersebut adalah KUD Sawit Mulia di Desa Intan Jaya, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi yang akan meremajakan lahannya seluas 531,7 hektar. Kemudian KUD Barokah di Desa Karya Mukti, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Jambi, seluas 425,9 hektar, dan KUD Budi Sari yang berlokasi di Desa Bukit Sari, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Jambi seluas 276,2 hektar. Total bidang tanah peremajaan sawit seluas 1.223,8 hektar.

Ingin Tata Kelola Sawit Membaik? Harus Saling Bersinergi

“PSR merupakan program BPDPKS yang memiliki manfaat yang sangat penting dan bermanfaat bagi negara. Untuk itu melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara 3 pihak tahap VII ini, kita dapat membangun sinergi antara BPDPKS, perbankan, dan KUD untuk dapat mengakselerasi target capaian program PSR seluas 180.000 hektar,” kata Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS, Sunari.

Head of Partnerships Asian Agri, Rudy Rismanto mengungkapkan bahwa peremajaan merupakan salah satu solusi untuk memastikan keberlanjutan produksi perkebunan kelapa sawit milik petani dan menjaga kepastian produksi TBS tetap optimal. 

9 Petani Sawit yang Halangi Proyek Bandara IKN Wajib Lapor, Polisi: Proses Hukum Tetap Jalan

“Oleh karena itu melalui program kemitraan, Asian Agri melakukan pendampingan secara intens kepada para petani mitra dari masa persiapan hingga saat tanaman menghasilkan,” tambah Rudy. 

Asian Agri hadir dengan program peremajaan yang bertujuan untuk membantu para petani mitra dengan mengatasi keraguan dan ketidaktahuan petani tentang pelaksanaan peremajaan. Selain itu, Asian Agri juga membantu petani dengan menyediakan bibit unggul Topaz yang merupakan faktor penting dalam membantu mengoptimalkan produktivitas kebun sawit petani.

Program peremajaan merupakan salah satu target dalam komitmen keberlanjutan Asian Agri 2030 yang termasuk dalam pilar I yakni Kemitraan dengan Petani.

“Dalam program Asian Agri 2030, kami tidak hanya menargetkan 100% peremajaan kebun sawit petani, tapi juga memiliki target untuk menggandakan pendapatan petani, oleh karena itu kami selalu melakukan bimbingan kepada petani mitra untuk menerapkan praktik perkebunan sawit terbaik dan selalu mengajak petani untuk mengoptimalkan produktivitasnya, serta mendampingi para petani untuk memiliki pendapatan alternatif,” tambah Rudy. 

Sejak 2016, Asian Agri telah memberikan bantuan kepada petani kelapa sawit di Indonesia melalui koperasi mereka masing-masing, sebagai bukti kontribusi dalam Program Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia. Selain itu, Asian Agri juga membantu petani dengan mencarikan mereka bank yang akan memberikan pinjaman untuk membiayai proses peremajaan kebun sawit petani serta menjadi perusahaan yang menjamin para petani, agar bank mau memberikan pinjaman kepada para petani tersebut.

Ketua KUD Budi Sari, Nopriwan, mengaku sangat senang dengan terwujudnya pengucuran dana untuk peremajaan tersebut.

“Kami berterima kasih, karena berkat bimbingan dari Asian Agri, akhirnya proses prosedur untuk mendapatkan dana BPDPKS telah berhasil dilakukan dan kami akan segera mendapat dana bantuan peremajaan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya