Besok Ultah ke-62, Jokowi: Saya Orang Desa, Gak Pernah Ulang Tahun

Presiden RI Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin (kiri) di sela-sela kunjungan ke Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

Gresik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke -62 pada Rabu besok, 21 Juni 2023. Namun, Jokowi mengaku tak pernah merayakan hari kelahirannya hingga saat ini menjadi Presiden RI.

Gerindra: PDIP Tidak Punya Masalah dengan Prabowo, Kami Juga Tak Punya Masalah dengan Bu Mega

“Saya enggak pernah ulang tahun. Saya orang desa, nggak pernah ulang tahun,” kata Jokowi di Smelter Freeport Gresik pada Selasa, 20 Juni 2023.

Diketahui, Jokowi merupakan anak dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi yang lahir pada 21 Juni 1961. Ia merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. 

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo: Generasi Muda Melihat Siapa yang Tulus dan Dibuat-dibuat

Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Sebenarnya, Jokowi memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, tetapi meninggal saat persalinan. 

Presiden Jokowi berikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Korban Kecelakaan Bus SMK Depok Wafat Sepekan Sebelum Rayakan Ultah

Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung. Bahkan, Jokowi kabarnya sempat jadi kuli panggul untuk membiayai sendiri keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki. 

Setelah lulus SD, ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta. Ketika ia lulus SMP, ia sempat ingin masuk ke SMA Negeri 1 Surakarta, namun gagal sehingga pada akhirnya ia masuk ke SMA Negeri 6 Surakarta.

Jokowi menikah dengan Iriana di Surakarta pada 24 Desember 1986. Dari hasil pernikahannya dengan Iriana, Jokowi dikaruniai 3 orang anak yaitu Gibran Rakabuming Raka (1987), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1994).

Di samping itu, Jokowi menjabat Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2014. Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari elite politik atau militer Indonesia. Dia terpilih bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019.

Sebelumnya, Jokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Wakil Gubernur. 

Sebelum menjadi Gubernur DKI, Jokowi adalah Wali Kota Surakarta, sejak tanggal 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012. Dia didampingi F.X. Hadi Rudyatmo yang merupakan Wakil Wali Kota Surakarta.

Dua tahun jadi DKI-1, Jokowi didukung maju jadi capres di Pemilu 2014. Jokowi saat itu berduet dengan Jusuf Kalla atau JK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya