Baru Dilantik Jadi Wantimpres, Ini Sosok Gandi Sulistiyanto eks Direktur Sinar Mas

Gandi Sulistyanto dan Siwon Choi
Sumber :
  • Kementerian Luar Negeri RI

Jakarta – Selain melantik Menteri dan Wakil Menteri (Wamen), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga  melantik dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto di Istana Negara, Jakarta, Senin 17 Juli 2023.

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia

Pelantikan keduanya berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 63/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Pelantikan dua anggota Wantimpres itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 63/P tahun 2023 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Kedua anggota Wantimpres itu lalu mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Gandi Sulistyanto sesaat setelah dilantik sebagai Wantimpres

Photo :
  • ANTARA

Diantara dua Wantimpres, ada sosok menarik yaitu Gandi Sulistiyanto yang terkenal sebagai Mantan Direktur Sinar Mas.

Marsekal Fadjar Optimis TNI AU Tambah Kuat di Bawah Komando Tonny Harjono

Berikut profilnya:

Pria yang memiliki nama lengkap Gandi Sulistiyanto Soeherman ini lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 13 Februari 1960 dan kini berusia 63. Ia menghabiskan masa SD dan SMP di Sukorejo, Jawa Tengah. Tamat dari SMA Masehi Pekalongan, ia menamatkan studi D3 Perkapalan Universitas Diponegoro pada tahun 1992.

Ia juga sempat mengikuti Top Management Program di Asia Institute of Management, Manila, Filipina pada 1999. Tahun 2011, Gandi melanjutkan studi Advanced Management Program (AMP) di Harvard Business School.

Gandi Sulistiyanto yang akrab disapa Sulis bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Sinar Mas pada 1992. Sepanjang kariernya di Sinar Mas, ia mengemban banyak amanah sebagai pemimpin.

Ia dipercaya menjabat sebagai CEO Asuransi Jiwa EkaLife pada 1992, mendirikan asuransi kerugian LG Simas pada 1997.

Setelah mengalami berbagai penugasan dan jabatan di sejumlah pilar bisnis Sinar Mas, pada tahun 2001 Sulistiyanto dipercaya menjadi Managing Director, dengan tantangan awal memimpin Sinar Mas Debt Restructuring Task Force Team yang saat itu berjumlah USD13,5 miliar. Sulis pun menjadi saksi pertumbuhan perusahaan yang sempat robih karena krisis finansial 1998, hingga kini telah memiliki tujuh anak usaha dan memiliki kurang lebih 380.000 karyawan.

Selama 30 tahun berkarya di Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto resmi melepas jabatan terakhirnya sebagai Managing Director yang telah diembannya sejak tahun 2001 untuk mengabdi kepada negara menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan.

Pada Juni 2021 lalu, Jokowi mengusulkan Gandi Sulistiyanto sebagai calon tunggal Duta Besar Indonesia non-karier untuk Republik Korea yang berkedudukan di Seoul, Korea Selatan. Pencalonan tersebut tertuang dalam Surat Presiden RI bernomor R-25/Pres/06/2021.

Gandi Sulistyanto dan Siwon Choi

Photo :
  • Kementerian Luar Negeri RI

Sulis dilantik sebagai Presiden Jokowi sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Korea pada Rabu, 17 November 2021 di Istana Negara. Di saat yang bersamaan, Jokowi juga melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 11 duta besar Republik Indonesia lainnya.Setelah menjalani sepak terjang selama 29 tahun di Sinar Mas ia resmi dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan pada Rabu, 17 November 2021 di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Jokowi.

Kini, Gandi Sulistiyanto secara resmi mengemban amanah sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Istana Negara, per Senin, 17 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya