Prabowo Ungkap Isi Pembicaraan dengan Jokowi dan Erick Thohir di Istana Bogor

Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto dan Erick Thohir.
Sumber :
  • Instagram @prabowo

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto membenarkan adanya pertemuan antara dirinya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan ketiganya digelar di Istana Bogor, Minggu, 16 Juli 2023.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Saat disinggung apakah ada arahan soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam pertemuan itu, Prabowo enggan menjawab. Ia hanya menekankan dirinya hadir dalam pertemuan itu sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Bertiga itu (bareng Jokowi) kan gini, beliau (Erick Thohir) Menteri BUMN, saya Menteri Pertahanan," kata Prabowo kepada wartawan, Selasa, 18 Juli 2023.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

"(Membahas) kebangsaan kan enggak ada hari Minggu, hari Sabtu," sambungnya.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.
Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Prabowo juga menekankan pencarian sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih bergulir. Pihaknya masih melakukan dialog panjang dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk memutuskan itu.

"Ini proses yang berkembang, diskusi, dialog koalisi akan dibangun, kita lihat perkembangannya," jelasnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk ke dalam radar kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. 

Dikatakan Muzani, Gerindra menghormati siapapun cawapres yang diusulkan partai politik (parpol) untuk berpasangan dengan Prabowo. Menurutnya, setiap nama cawapres yang diusung merupakan sosok terbaik dan mampu berbakti pada negara. 

"Karena itu, Pak Erick Thohir sekalipun yang didukung PAN untuk menjadi cawapres, selama ini kami juga mengikuti Pak Erick. Apakah masuk radar (cawapres)? Iya," ujar Muzani kepada wartawan di Kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Senin, 5 Juni 2023. 

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan secara tertutup dengan dua menteri dalam Kabinet Indonesia Maju pada Minggu, 16 Juli 2023.

Kedua menteri yang dimaksud dalam pertemuan tertutup itu yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Pertemuan tersebut diungkap langsung oleh Prabowo Subianto melalui unggahan di akun instagram pribadinya. Prabowo menyebut, pertemuan itu digelar di Istana Bogor.

"Minggu sore, 16 Juli 2023 di Istana Bogor, saya dan Pak @erickthohir menerima arahan dari Pak Presiden @jokowi," kata Prabowo dikutip VIVA dari instagram @prabowo, Selasa, 18 Juli 2023.

Prabowo tidak menjelaskan secara rinci arahan apa yang disampaikan Jokowi dalam pertemuan tertutup di Istana Bogor bersama Erick Thohir. Hanya saja, Prabowo menekankan industri pertahanan nasional harus semakin maju.

"Industri pertahanan nasional Indonesia harus kuat dan semakin maju," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya