Jokowi Resmikan Sodetan Ciliwung, Sebut 6 Kelurahan di Jakarta Tidak Akan Kebanjiran Lagi

Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Pj Gubernur DKI di Proyek Sodetan Ciliwung
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan sodetan Ciliwung, yang berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, pada Senin, 31 Juli 2023. Sodetan ini diklaim akan membantu menangani banjir yang kerap melanda wilayah Ibu Kota.

Gempa M 5,4 Guncang Kepulauan Seribu, Tak Berpotensi Tsunami

Turut hadir dalam peresmian itu, Menteri PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto, hingga Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Dengan mengucap bismillah pada pagi hari ini saya resmikan sodetan Ciliwung," kata Presiden Jokowi di kawasan Jakarta Timur, Senin, 31 Juli 2023.

Satu Jenazah Korban Banjir Bandang di Agam Ditemukan 5 Km dari Lokasi Bencana

Kepala Negara mengatakan, penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan mulai dari hulu sampai dengan hilir. Tidak bisa hanya dilakukan di hilir saja. 

Sodetan Ciliwung di Jakarta

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi Tunjuk Juri Ardiantoro dan Grace Natalie jadi Stafsus Presiden

Lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, urusan sodetan Ciliwung untuk menangani banjir yang kerap melanda Jakarta ini sudah berlangsung sejak belasan tahun lalu. Dia bersyukur, sodetan Ciliwung kini sudah rampung dikerjakan dan dapat segera dioperasionalkan.

Menurut Jokowi, dengan adanya sodetan Ciliwung ini maka setidaknya 6 kelurahan di Jakarta yang tidak akan kebanjiran lagi.

"Urusan sodetan Ciliwung sudah bertahun-tahun, sudah hampir 11 tahun, dan hari ini alhamdulilah selesai. Ini bisa menyelesaikan paling tidak 6 kelurahan nggak banjir lagi," katanya. Acara peresmian sodetan Ciliwung ini dilanjutkan dengan pemutaran tuas pintu air dan penandatanganan prasasti oleh Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya