Polri Sebut Harun Masiku Masih Ada di Indonesia, KPK Bilang Begini

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

JakartaPolri menyatakan bahwa buronan korupsi Harun Masiku saat ini masih berada di dalam negeri Indonesia. Hal tersebut diketahui melalui tracing data perlintasan keluar masuk negara.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menjelaskan bahwa setelah mengetahui bahwa Harun Masiku ada di Indonesia maka lembaga antirasuah tidak tinggal diam setelah mendapat informasi tersebut.

"Itu informasi penting yang akan kita dalami. Jadi pertemuan ini tidak berhenti," ujar Ali Fikri kepada wartawan di gedung merah putih KPK, Senin 7 Agustus 2023.

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

Ali pun menegaskan bahwa seusai bertemu dengan Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti, lembaga antirasuah akan menindak lanjuti terkait dengan informasi penting yang sudah dibicarakan bersama pimpinan KPK.

"Ke depan secara teknis akan kita tindaklanjuti melalui Kedeputian Penindakan dan Kedeputian Informasi dan Data untuk menindak lanjuti apa yang disampaikan oleh Polri melalui Divisi Hubungan Internasional," kata Ali.

BAP Korupsi Kementan Bocor ke SYL, KPK Duga Berasal dari Pengacara

Harun Masiku

Photo :
  • tvOne

Polri Deteksi Harun Masiku Ada di Indonesia

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa buron kasus korupsi Harun Masiku masih berada di Indonesia. Hal tersebut dikatakannya demi menepis informasi yang beredar bahwa Harun Masiku ada di negara tetangga, Kamboja.

Krishna Murti menjelaskan mengapa saat ini Harun Masiku masih ada di Indonesia. Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan data perjalanan bahwa terdeteksi Harun Masiku ada di dalam negeri.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," ujar Krishna Murti kepada wartawan di gedung merah putih KPK, Senin 7 Agustus 2023.

Ia juga menjelaskan Harun Masiku memang sempat pergi keluar negeri. Namun, kepergiannya itu tidak memakan waktu lama dan langsung kembali ke Indonesia. Maka dari itu, Krishna memastikan bahwa Harun Masiku tidak bersembunyi di luar negeri.

"Setelah dia keluar dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," kata dia.

Pun, data perlintasan yang didapat Polri itu sudah dilaporkan kepada pimpinan lembaga antirasuah. Polri menyatakan tak berhenti membantu KPK untuk mencari para buronan korupsi yang diduga melarikan diri ke luar negeri.

"Dugaan kami berdasarkan data perlintasan seperti itu. Tapi kita tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar negeri," kata Krishna.

"Dua buron lain insyaallah tadi kita melakukan komunikasi ketat. Tadi kami akan membicarakan lebih lanjut apa bantuan teknis yang bisa diberikan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya