Jokowi Nyaman Disopiri Prabowo, Pengamat Sebut Menyiratkan Sinyal Dukungan

Menhan Prabowo Subianto saat dampingi Presiden Jokowi kunker ke Tabalong, Kalsel
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pernyataan Presiden Joko Widoso yang merasa nyaman disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyiratkan banyak hal. Di antaranya adalah adanya tanda dukungan dari Jokowi ke Prabowo.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Hal itu dikemukakan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno.
"Ini makin menebalkan keyakinan publik bahwa Jokowi pastinya dikaitkan dengan dukungan dan endorsement-nya ke Prabowo," kata Adi dikutip Jumat, 11 Agustus 2023. 

Menurut Adi, ungkapan 'nyaman disopiri' tersebut bisa bermakna banyak hal. Apalagi momen ini berkaitan dengan Pemilu yang akan berlangsung pada tahun depan. 

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto

Photo :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden

"Istilah nyaman disopiri itu bukan seperti relasi sopir biasa dengan bos atau seperti sopir taksi online dan pelanggan yang tak ada relasi kuasa," kata Adi. 

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Adi menjelaskan, momen itu bisa diterjemahkan melalui istilah bahasa semantik. Menurutnya, ungkapan 'nyaman disopiri' itu bisa jadi semua legasi yang dilakukan Presiden Jokowi selama 10 tahun ini akan aman dan bisa dilanjutkan oleh capres Partai Gerindra tersebut. 

"Pernyataan Jokowi 'nyaman disopiri' Prabowo itu jelas bahwa di 2024 yang paling cocok lanjutkan kepemimpinan mendatang adalah Prabowo Subianto," kata Adi. 

Diketahui, Presiden Jokowi bertemu dengan seluruh pemimpin redaksi dari berbagai media di Istana Negara pada Kamis, 10 Agustus 2023. Pada momen tersebut, Presiden Jokowi menerima berbagai macam pertanyaan. 

Salah satu pertanyaan yaitu menanyakan bagaimana kesannya disopiri oleh Prabowo. Sontak, Presiden Jokowi menjawab jika disopiri Prabowo rasanya nyaman. 

"Pak Prabowo bagus banget nyetirnya, halus banget, sehingga rasanya nyaman," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya