Melihat Persiapan Pembukaan Rainas XII yang Akan Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin

Lokasi Raimuna Nasional (Rainas) Xll Tahun 2023 di Buperta Cibubur
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Dewan kerja nasional gerakan Pramuka telah rampung melaksanakan gladi bersih menjelang pembukaan Raimuna Nasional (Rainas) Xll Tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. 

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo mengatakan seluruh unsur sudah siap melaksanakan upacara pembukaan Rainas 2023, yang rencananya akan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Senin, 14 Agustus 2023.

“Kalau melihat kesiapan Insya Allah dengan pengecekan akhir ini, baik dari petugas upacara, pimpinan upacara, dan pelaksanaan gladi bersih ini Insya Allah berjalan dengan tertib, aman, dan lancar,” kata Bachtiar di Buperta, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, 13 Agustus 2023.

Budi Waseso dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Minta Nadiem Revisi Permendikbud No 12

Bachtiar menyampaikan pembukaan Rainas 2023 akan dimeriahkan berbagai aksi di antaranya drum band, tarian kolosal yang dipersembahkan Kwarda Jawa Barat hingga atraksi terjun payung atau free fall dari penerjun-penerjun TNI Angkatan Darat (AD). 

“Diisi dengan terjun bebas yang didukung dari Angkatan Darat (AD) itu penerjunnya dari Kopassus, Kostrad, dan jajaran angkatan darat,” ungkapnya. 

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Lebih lanjut Bahctiar memastikan sebanyak 25 ribu anggota Penegak dan Pandega dari kontingen-kontingen seluruh Indonesia sudah berada di Buperta. 

“Semua peserta sudah hadir semua, Insya Allah bertindak sebagai inspektur upacara wakil presiden,” ucapnya. 

Bachtiar berharap gerakan Pramuka bisa terus eksis sehingga dapat membantu menjalankan program-progam pemerintah dan stakholder terkait. 

Menurutnya, lewat gerakan Pramuka akan lahir sumber daya manusia (SDM) yang berwawasan kebangsaan, profesional dan memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

“Kita tentunya harus membangun sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan, karena apa?profesional supaya expert sesuai dengan job deskripsinya dia, sesuai tugas dan lingkup jabatan masing-masing,” ujar Bachtiar.

Bachtiar menilai SDM yang berwawasan kebangsaan dan profesional menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan suatu kegiatan.

“Keberhasilan dalam suatu kegiatan itu sangat ditentukan oleh sumber daya manusia meskipun termasuk sarana dan pra sarana pendukung juga perlu, teknologi informasi juga perlu,” ucap Bachtiar. 

“Tapi yang lebih utama adalah kita harus membangun SDM yang mempunyai kapabilitas dan integritas maka mengarah pada SDM yang profesional dan dikunci dengan berwawasan kebangsaan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Rainas XII Tahun 2023 akan berlangsung pada tanggal 14 hingga 20 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta bakal mengikuti total 122 kegiatan yang terdiri dari pembekalan lima pilar rains. Lima pilar tersebut, yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, dan pengabdian masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya