Survei: Pendukung Jokowi Makin Banyak Bergeser ke Prabowo

Prabowo Subianto di acara Relawan Prabu bersama Budiman Sudjatmiko di Semarang
Sumber :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya

Jakarta – Dukungan terhadap calon presiden (capres) Prabowo Subianto dari para pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, cenderung makin banyak.

Prabowo Belum Pernah Bicara Kabinet, Kata Petinggi Gerindra

Hal itu terungkap dari hasil survei teranyar Litbang Kompas yang dilansir Senin, 21 Agustus 2023. Dalam survei tersebut mencatat adanya kecenderungan suara para pendukung Presiden Jokowi yang mengarah ke Prabowo semakin meningkat.

Mulai dari Januari 2023 hingga Mei 2023, arah dukungan pendukung Presiden Jokowi semakin menguat ke arah Prabowo. "Pada Januari 2023 masih di angka 27,7 persen, kemudian menjadi 33,9 persen pada Mei dan kini naik ke angka 36,4 persen," tulis Litbang Kompas, Senin, 21 Agustus 2023.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Berdasarkan hasil survei pada Januari 2023, pendukung Prabowo yang akan kembali memilih ketua umum Partai Gerindra tersebut berada di angka 72,5 persen. Lalu naik ke angka 79,3 persen pada Mei 2023 dan kali ini mencapai angka 85,7 persen.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Survei terbaru Litbang Kompas dilakukan secara tatap muka dalam kurun waktu 27 Juli-7 Agustus 2023. Litbang Kompas melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia. Tingkat kesalahan atau margin of error dalam survei sekitar 2,65 persen.

Sementara itu hasil survei yang dilakukan lembaga survei LSI Denny JA periode 30 Mei 2023 – 12 Juni 2023, kembali menunjukkan publik yang percaya terhadap Presiden Jokowi memiliki kecenderungan untuk memilih Prabowo di Pemilu 2024, ketimbang kandidat capres yang lain.

Prabowo unggul di segmen pemilih dengan tingkat elektabilitas mencapai 36,1 persen. Kemudian disusul oleh capres Ganjar Pranowo dengan 34,7 persen dan Anies Baswedan dengan 20,1 persen. 

“Publik yang percaya terhadap Presiden (90 persen), pilihan capres tertingginya adalah Prabowo sebesar 36,1 persen. Urutan selanjutnya adalah Ganjar sebesar 34,7 persen, terakhir adalah Anies sebesar 20,1 persen. Di publik yang percaya Presiden, Prabowo menang,” tulis LSI Denny JA dalam keterangannya.

Dukungan kepada Prabowo untuk maju sebagai capres dari berbagai daerah oleh relawan Jokowi kian berembus kencang. Di beberapa daerah termasuk Jakarta, sudah banyak relawan Jokowi secara langsung memberikan dukungan kepada Ketum Gerindra tersebut. 

Adapun beberapa nama relawan tersebut, di antaranya Jokowi Mania (JoMan), Relawan Jokowi Gerakan Prabowo Mengabdi, Kornas Jokowi Milenial, hingga Relawan Garis Keras Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya