Jokowi Serukan Seluruh Elemen Bersama-sama Tanam Pohon untuk Perbaikan Kualitas Udara

Polusi Udara di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JakartaMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran kementerian atau lembaga untuk perbaikan polusi udara di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Menurut dia, seluruh koordinasi operasional tentang penanganan perbaikan kualitas udara dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Pak Presiden menegaskan untuk bisa dilakukan penanaman pohon yang besar oleh semua stakeholders, termasuk kantor pemerintah, masyarakat, dunia usaha juga di gedung-gedung atau di teras gedung-gedung yang besar. Kita perlu tanam sebanyaknya, jarak tanamnya diatur,” kata Nurbaya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 28 Agustus 2023.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Menurut dia, pohon-pohon itu siang mengeluarkan O2 sehingga seluruh elemen harus sama-sama menanam pohon untuk memberikan kesejukan. Sebab, kata dia, lingkungan harus dijaga secara bersama-sama bukan hanya pemerintah saja.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya

Photo :
  • istimewa
Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

“Jadi pohon teman kehidupan, sekaligus Pak Presiden meminta untuk digerakkan bersama-sama dan mohon dukungan,” ujarnya.

Menurut Nurbaya, Presiden Jokowi telah memerintahkan kementerian dan lembaga agar fokus pada kegiatan penanganan pengendalian polusi udara di Jabodetabek karena menyangkut kesehatan. Sebab itu, cara-cara penyelesaiannya harus berdasarkan pada kesehatan.

“Semua kementerian atau lembaga diminta tegas dalam mengambil langkah kebijakan dan dalam operasi di lapangan. Pada konteks Kementerian LHK terhadap penegakan hukum, terhadap sumber pencemaran terutama dari industri pembangkit listrik dan lain-lain, serta uji emisi kendaraan yang harus ketat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya