Langkah PAN Usung Caleg NU Dinilai Berpeluang Himpun Suara Nahdliyin

Ketum PAN Zulkifli Hasan ketika memimpin rombongan PAN ke KPU dalam pendaftaran bacaleg.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) banyak mengusung calon anggota legislatif (Caleg) yang berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Hal itu dinilai sebagai cara yang efektif untuk menghimpun suara dari warga Nahdliyin.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

Demikian dikemukakan Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko. Menurut Anang, cara PAN yang mengusung caleg NU merupakan cara yang efektif karena para tokoh NU tersebut akan mampu meraup suara dari kalangan Nahdliyin.

“Cara-cara kemudian merekrut dan menawarkan menjadi calon legislatif itu ya mungkin akan bisa berjalan efektif,” kata Anang, Jumat, 1 September 2023.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa

Menurut Anang, cara tersebut merupakan langkah cepat untuk meningkatkan daya elektoral PAN secara cepat di kalangan Nahdliyin. Sebab, untuk mengubah persepsi kalangan NU agar memilih PAN secara organik akan memakan waktu lama. “Saya kira tidak akan mudah dan membutuhkan waktu,” ujarnya.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Diketahui, caleg PAN banyak berisi nama-nama tokoh NU yang mayoritas berasal dari pesantren dan tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Nama-nama tersebut yakni Gus Abdul Qodir dari Probolinggo, Gus Syaiful Nuri dari Pasuruan, dan Gus Afif dari Mojokerto. Mereka merupakan pengasuh serta pimpinan pesantren yang memiliki ketokohan untuk meraih simpati kalangan NU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya