NU Tak Pernah Jauh dari Jokowi, Gus Yahya Tegaskan Tak Terkait Coblos-Mencoblos Pemilu

Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta –  Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menjelaskan maksud dari pernyataannya yang menyebut NU tidak pernah jauh dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Pernyataan itu disampaikan Gus Yahya saat membuka Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Senin, 18 September 2023. 

Dikatakan Gus Yahya, NU memang tidak bisa jauh dari Jokowi. Sebab, Jokowi merupakan Dewan Pengampu Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

"NU tidak akan jauh-jauh dari insinyur Joko Widodo. Kenyataannya, NU punya GKMNU dan Joko Widodo adalah salah seorang dewan pengampunya. Gimana bisa jauh karena beliau nanti yang akan memberikan evaluasi arahan dan seterusnya," kata Gus Yahya kepada wartawan di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa, 19 September 2023. 

Presiden Jokowi saat membuka Munas dan Konbes NU 2023

Photo :
  • Dok Gus Yaqut
Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Gus Yahya lantas menegaskan bahwa pernyataannya itu tidak berkaitan dengan politik apalagi mengenai coblos mencoblos calon tertentu. 

"Saya pertegas, apakah ada hubungannya dengan coblos mencoblos? Lah kan insinyur Joko Widodo bukan pihak (calon kandidat), sudah tidak bisa nyalon lagi dan seterusnya, jadi sudah tidak relevan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gus Yahya menjelaskan, NU tidak akan terlibat dalam kontestasi politik. Sebab, NU memiliki tanggung jawab kebangsaan untuk menjaga kemaslahatan masyarakat.

NU Tidak Akan Pernah Jauh dari Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tak pernah jauh dari NU selama ini. Begitu juga dengan PBNU yang diklaim tidak pernah jauh dari Jokowi. 

Gus Yahya menyebut, Jokowi telah banyak membantu PBNU selama ini. Salah satunya dengan membantu pembangunan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) di Yogyakarta. 

"Ini hanya sekedar menyebut satu sampai dua dari lebih banyak lagi yang telah dilakukan oleh Pak Presiden Joko Widodo untuk membantu NU selama ini," kata Gus Yahya, dikutip Selasa, 19 September 2023. 

Dikatakan Gus Yahya, kebersamaan Presiden Jokowi bersama PBNU telah berlangsung sejak dirinya menjabat sebagai Ketua Umum. Kebersamaan Jokowi dengan PBNU pun terus berjalan sampai dengan saat ini.

"Saya sepenuhnya merasakan bahwa sejak memulai khitbah ini Pak Presiden tidak pernah jauh-jauh dari PBNU senantiasa membersamai PBNU sampai titik ini," ungkapnya.

"Tentu saja, saya ingin sampaikan kepada seluruh keluarga besar NU, insyaallah NU juga tidak akan pernah jauh-jauh dari Joko Widodo," jelas Gus Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya