Mediator Damai Aceh-RI Martti Ahtisaari Meninggal Dunia di Finlandia

Martti Ahtisaari & Irwandi Yusuf
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

Banda Aceh – Juru runding dalam konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Indonesia, Martti Ahtisaari, meninggal dunia di Helsinki, Finlandia, usia 86 tahun, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Sebelum meninggal dunia, Martti Ahtisaari disebut mengalami penyakit Alzheimer. Mendapat informasi tersebut, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki turut berduka.

Pj Gubernur Aceh melalui Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA mengatakan, sosok mantan Presiden Finlandia, Marthi Ahtisaari memiliki kontribusi yang sangat besar atas perdamaian di Aceh.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan
Martti Ahtisaari & Irwandi Yusuf

Martti Ahtisaari & Irwandi Yusuf

Photo :
  • Antara/ Ampelsa

“Konstribusi besar Marthi akan terus dikenang baik bagi rakyat Aceh maupun Indonesia sebagai salah satu pencetus perdamaian di tanah air, dan tentu sebagai salah satu kontribusi dalam perdamaian dunia,” kata Muhammad MTA dalam keterangannya.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Ia berharap semangat, ide-ide dan aksi perdamaian yang dilakukan akan terus dikumandangkan oleh semua pihak dan negara di dunia demi peradaban dunia yang lebih baik.

“Secara khusus bagi segenap komponen rakyat Aceh kita berharap untuk tetap bersatu dan kompak dalam menjaga dan melestarikan perdamaian ini demi Aceh yang lebih baik,” ujarnya.

Sekelompok massa memperingati Milad ke-44 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan mengibarjan bendera bintang bulan di halaman Masjid Raya Baiturrahmam, Banda Aceh, Jumat, 4 Desember 2020.

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

Diketahui, Marthi Athisaari berkontribusi atas perundingan perdamaian antara Indonesia dan pihak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) diadakan di Helsinki pada 15 Agustus 2005 atau beberapa bulan setelah bencana Tsunami Aceh.

Athisaari menyaksikan langsung penandatanganan MoU perdamaian itu yang dilakukan perwakilan RI yang dipimpin Hamid Awaluddin dan perwakilan GAM yang dikomandoi Malik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya