Sultan Korban Kabel Menjuntai Alami Cacat Permanen, Pita Suara Harus Diangkat

Mahasiswa Sultan Rif’at Al Fatih, Korban terjerat Kabel fiber optik
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta -- Mahasiswa Universitas Brawijaya, Sultan Rif'at Alfatih, dipastikan cacat permanen buntut insiden kabel menjuntai yang menimpanya.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Untuk itu, dia bakal menjalani operasi pengangkatan pita suara. Sejatinya Sultan telah menjalani uji coba berbicara dan sudah bisa mengeluarkan suara secara terbatas. Tapi, jaringan syaraf dan otot terkait lainnya rusak buntut terjerat kabel.

"Ada dua opsi untuk mengatasi masalah pita suara anak saya, yaitu tetap dipertahankan atau diangkat. Setelah diberikan edukasi dan penjelasan detail oleh tim dokter, termasuk segala risiko dan konsekuensi, serta mendengarkan keinginan Sultan, dengan berat hati akhirnya kami menyetujui untuk dilakukan operasi pengangkatan pita suara Sultan,“ ujar ayah Sultan, Fatih Nurul Huda kepada wartawan, Kamis 19 Oktober 2023.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Dia menjelaskan, secara fisik anaknya kian membaik dengan berat badan lebih dari 52 kilogram. Tim dokter Rumah Sakit Polri pum telah melakukan berapa kali tindakan operasi. Mulai dari penyuntikan lemak pada pita suara, pelebaran saluran kerongkongan untuk makan, hingga tindakan lain berkaitan dengan upaya normalisasi fungsi menelan dan fungsi bicara.

Fatih, ayah dari mahasiswa bernama Sultan yang terjerat kabel fiber optik

Photo :
  • VIVA/Foe Peace
Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Adapun operasi dilakukan hari ini. Operasi harus dilakukan karena pertimbangan agar fungsi makan Sultan dapat kembali normal. "Nantinya setelah dilakukan operasi, aktivitas keseharian Sultan Rif'at diharapkan bisa dilakukan secara normal, kecuali berenang, karena ada lubang di bagian leher yang berfungsi sebagai saluran pernafasan," katanya.

Kronologi Kecelakaan

Sebelumnya diberitakan, kasus kabel menjuntai di Jalan Antasari, Jakarta Selatan yang menjerat mahasiswa Universitas Brawijaya, Sultan Rif'at Alfatih terus bergulir. Kabel itu membuat Sultan tak bisa kembali bicara dengan suara yang lantang.

Ayah Sultan, Fatih melaporkan Bali Tower selaku pemilik kabel menjuntai itu ke polisi. Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/4666/VIII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA. 

Adapun Bali Tower dilaporkan lantaran dinilai lalai hingga menyebabkan orang lain terluka sebagaimana diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP sebagaimana dimaksud Pasal 360.

"Hari ini kami sudah membuat laporan di Polda Metro Jaya terkait kasus kabel PT Bali Tower yang korbannya adalah anak dari bapak ini, Sultan Rif'at Alfatih," kata kuasa hukum keluarga Sultan, Tegar Putuhena kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Sebagai informasi, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur bernama Sultan Rif'at Alfatih (20) mengalami nasib nahas usai dirinya terjerat kabel fiber optik di pinggir jalan kawasan Jalan Antasari, Jakarta Selatan tepat di bagian lehernya. 

Ayah Sultan, Fatih (49) mengatakan bahwa mulanya Sultan izin kepada dirinya ingin pergi bersama teman-teman SMA untuk keliling menggunakan motor. Sultan izin kepada sang ayah tercintanya itu pada 5 Januari 2023 sekira pukul 22.00 WIB.

Fatih menuturkan, pada awal kejadian ada mobil dengan pelat nomer SUV yang mengantre di depan motor Sultan. Tanpa disadari, ada sebuah kabel yang menjuntai atau mengendur. Kemudian kabel tersebut pun tersangkut di mobil SUV itu.

"Kemudian harusnya lagi ngantre dan ada kabel yang melintang, tapi anak saya gak tahu ada kabel melintang karena di belakang mobil," kata Fatih.

Fatih menyebut kabel yang menjuntai di kawasan Jalan Antasari Raya itu terbawa jauh oleh mobil SUV. Namun, kabel tersebut meski sudah tersangkut di mobil SUV yang dimaksud itu tidak putus.

Justru kabel itu tidak putus dan malah berbalik ke tempat semula menjuntai. Ketika kabel itu terlepas dari mobil yang menyeretnya, langsung mengenai Sultan yang tepat ada di belakang mobil tersebut.

Sultan pun langsung terjatuh hingga tak sadarkan diri karena kabel fiber optik ini mengenai leher Sultan. Sultan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sultan mengalami kritis usai lehernya terjerat kabel fiber optik. Ia juga bolak balik masuk ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU).

"Dokter RS Fatmawati memvonis anak saya tenggorokannya atau tulang muda tenggorokannya itu putus berantakan sampai lepas dari yang namanya luring-luringnya kaya jakunnya itu lepas," kata Fatih

"Saluran nafas saluran makan putus semua, itu kondisi kecelakaan yang membuat dia tidak sadar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya