KSAD Jenderal Agus Blak-blakan soal Kedekatan dengan Jokowi

KSAD Jenderal Agus Subiyanto
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

JakartaKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto menjawab isu dirinya bakal jadi Panglima TNI. Dia bilang, hal tersebut adalah hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

"Ya, itukan kalau semuanya hak prerogatif presiden ya. Jadi, saya pokoknya saya sudah sampaikan loyal sama presiden," ujar dia kepada wartawan, Rabu 8 November 2023.

Presiden Jokowi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD

Photo :
  • Setkab
Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Kata Agus, dia tidak masalah ditempatkan dimana saja. Dirinya tidak menampik memang dekat dengan Jokowi. Kedekatan yang dimaksud dalam hal kerja. Semisal saat Jokowi jadi Wali Kota Surakarta, dia juga jadi Dandim di sana.

"Saya kan pernah ditempatkan di mana saja gitu. Jadi, kalau kedekatan tuh saya pernah juga, kedekatan sama Presiden, itu saya dandim ya. Kedekatan ya kita kedekatan kerja ya gitu. Task oriented," ujarnya.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Dirinya menambahkan, kedekatan dia bukan cuma sama Jokowi. Semisal, saat dia menjabat Pangdam III Siliwangi, dia juga dekat dengan Ridwan Kamil yang saat itu jadi Gubernur Jawa Barat.

"Biasanya kalo presiden kalo Sabtu Minggu suka ngecek ke pasar, saya suka ikut. Kemudian waktu saya Danrem di Palu. Gubernurnya Pak Longki, terus Wali Kotanya Pak Pasa. Saya juga deket sama mereka. Apalagi waktu penyelesaian gempa bumi tsunami di Palu, saya waktu itu sudah padam sih, tapi saya pernah Danrem besar di-deploy sama Panglima TNI untuk menyelesaikan Palu. Jadi kedekatannya task oriented. Juga saya waktu saya Danrem di Bogor saya dengan Pak Bima Arya, Pak Dedi wakilnya, deket. Sampai sekarang kita hubungan baik ya. Waktu saya Pangdam Tiga Siliwangi, dengan Ridwan Kamil Pak UU Wagub, baik kita. Karena kita kebaikan kita karena kerja. Jadi bukan apa-apa gitu. Jadi, semua pejabat pemerintah di luar TNI yang pernah saya deploy di situ, menjabat pasti deket sama saya," kata dia.

Pelantikan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • tniad.mil.id

Sebagaimana diketahui, Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan DPR akan menindaklanjuti surat presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Jenderal Agus dilantik Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pria yang lahir pada 5 Agustus 1967 ini merupakan seorang perwira tinggi Tentara Nasional Angkatan Darat yang kini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.

Agus Subiyanto menyelesaikan Akademi Militer pada tahun 1991, ia berasal dari kecabangan Infanteri (Komando Pasukan Khusus). Sebelum diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, ia menjabat sebagai wakil KSAD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya