Kronologi OTK Bersenpi Serang Kantor Satpol PP Denpasar Usai Razia PSK

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan 
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

Denpasar – Sejumlah orang tak dikenal menyerang kantor Satpol PP Kota Denpasar, Bali pada Minggu, 26 November 2023 dini hari. Dalam penyerangan itu, 6 anggota Satpol PP Kota Denpasar terluka. 

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan menjelaskan penyerangan oleh gerombolan massa itu dipicu oleh razia PSK yang dilakukan petugas polisi pamong praja Denpasar pada Sabtu, 25 November 2023 pukul 23:00 WITA.

"Terjadi aksi pengerusakan dan penganiayaan terhadap petugas Satpol PP oleh sekelompok orang tidak dikenal yang mengakibatkan adanya korban luka-luka," kata Kombes Pol Jansen, Senin, 27 November 2023.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kronologi kejadian berawal ketika petugas mengamankan 33 wanita tuna susila. Mereka dibawa ke kantor Satpol PP Kota Denpasar, untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Petugas Satpol PP merazia puluhan PSK di Kota Denpasar

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh
Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Pendataan selesai sekitar pukul 02.00 WITA dini hari. Puluhan PSK tetap berada di kantor Satpol PP dan berkumpul di lobi. "Pintu gerbang kantor ditutup dan di kunci," kata Kombes Pol Jansen.

Sekitar pukul 04.00 WITA, datang seorang laki-laki tidak dikenal berteriak-teriak di depan pintu gerbang dan meminta pintu dibuka. Petugas mendatangi orang tak dikenal itu dan menanyakan tujuannya.

Namun, OTK justru menyambutnya dengan sebuah pistol sambil mengacung-acungkan. Selanjutnya, puluhan orang yang diperkirakan sebanyak 25 orang berbadan kekar menyerbu dan mendobrak gerbang kantor.

"Diduga sebelumnya sudah menunggu di sebelah timur pintu gerbang, kemudian mendobrak gerbang dan menyerbu ke dalam kantor sambil berteriak-teriak dan mengaku dari TNI," jelasnya.

Secara membabi buta, massa melakukan perusakan dan penganiayaan kepada petugas Satpol PP Kota Denpasar. 

Selain menganiaya anggota Satpol PP OTK  juga merusak mobil dinas, melempar berbagai benda keras serta merobohkan sepeda motor milik anggota Satpol PP. Aksi pengeroyokan dan perusakan itu berlangsung sekitar 30 menit.

Petugas Satpol PP merazia puluhan PSK di Kota Denpasar

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Mobil Dinas Dirusak

Setelah melakukan penganiayaan dan perusakan, kelompok orang tidak dikenal tersebut kemudian pergi meninggalkan kantor Satpol PP dan seiring dengan itu juga para perempuan PSK yang sebelumnya berhasil diamankan juga sudah tidak ada dan pergi dari kantor Satpol PP.

Petugas yang mengalami luka akibat penganiayaan itu masing-masing, I Ketut Giri Asta (52) luka robek di bagian kepala. I Gusti Agung Tirta Yusa (33) luka robek di dengan 4 jahitan di dahi.

I Wayan Wiratma luka robek di bibir. I Made Widiantara (36) luka memar di kedua lengan. AA. Made Wirawan (24) luka memar dan lecet di bibir dan I Nyoman Bujawan (53) luka dan memar di rahang kanan. "Tiga petugas mengalami luka parah dan menjalani opname di rumah sakit," imbuhnya

Selain melukai 6 petugas, massa juga merusak 2 unit kendaraan operasional Satpol PP Kota Denpasar.

Saat ini Polsek Denpasar Timur dan Satuan Reserse Kriminal Polresta Denpasar dan Sat Brimob Polda Bali sedang melakukan  pengejaran terhadap pelaku sekelompok orang tidak dikenal tersebut.

"Kepada para pelaku agar segera menyerahkan diri dan kooperatif dalam peristiwa tersebut sehingga proses penyelidikan dan penyidikan  dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan tertib sesuai dengan hukum yang berlaku," ucap Kombes Pol Jansen.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya