Wamenag Prediksi Lebaran 2024 Jatuh pada Besok, Begini Penjelasannya

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki resmi membuka Bimbingan Teknik Petugas Haji 1445 H
Sumber :
  • kemenag

Jakarta – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat memprediksi bahwa Hari raya Idul Fitri 1445 H atau Hari Raya Lebaran Tahun 2024 akan jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Ia menyebut bahwa prediksi itu merujuk pada kriteria hilal yang disepakati Menteri Agama Brunnei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (Mabims).

"Yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi sebesar 4 derajat. Jadi diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idul Fitri pada esok tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah," ujar Saiful kepada wartawan, Selasa 9 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki

Photo :
  • Istimewa

Ia menjelaskan bahwa prediksi tersebut tetap masih akan dikonfirmasi lewat sidang isbat yang rencananya akan di gelar malam ini.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Saiful memastikan jika Satu Syawal jatuh pada Rabu besok, pemerintah sudah menyiapkan penyelenggaraan Salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Terkait dengan kegiatan besok, jika ini memang jatuh pada satu Syawal besok kita sudah mempersiapkan penyelenggaraan salat ied di Masjid Istiqlal," kata dia.

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki

Photo :
  • Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama

Diketahui, Kemenag RI akan menggelar sidang Isbat pada Selasa 9 April 2024 sore. Kemenag akan memulai lebih dulu seminar tentang penentuan hilal penetapan 1 Syawal 1445 H.

Setelah itu, Kemenag Ri akan menggelar sidang isbat secara tertutup. Kemudian, dilanjutkan konferensi pers hasil sidang isbat sekira pukul 19.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya