Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburkan Abu Vulkanik 5.000 Meter!

Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara
Sumber :
  • PVMBG

Maluku Utara – Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali menunjukkan aktivitasnya dengan erupsi pada hari Rabu (15/5/2024). Letusan kali ini menyemburkan debu vulkanik setinggi 5.000 meter dari permukaan kawah.

Viral! 2 Anak Perempuan Dayung Perahu Kecil di Pulau Bacan, Pemandangan Alamnya Bikin Kagum!

Data dari alat seismogram di pos pengamatan Gunung Ibu mencatat erupsi terjadi pada pukul 13.45 WIT. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal teramati condong ke arah Barat Halmahera Barat.

Gunung Ibu di Halmahera Barat Meletus. (Dok. BNPB

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
3 ASN Maluku Utara yang Ditangkap Nyabu Tidak Ditahan, Polisi Ungkap Alasannya

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini 4 menit 43 detik," ujar Richard Chaniago, petugas PVMBG pos pengamatan Gunung Ibu.

Menindaklanjuti erupsi ini, Pos Pengamatan Gunung Ibu memberikan imbauan kepada masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung/wisatawan untuk tidak beraktivitas di dalam radius 3 km dari kawah. Perluasan sektoral sejauh 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara kawah aktif Gunung Ibu juga diberlakukan.

Gunung Dempo Erupsi Setinggi 300 Meter, Masyarakat Diingatkan Bahaya Gas Vulkanik

"Masyarakat juga diminta untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata) jika terjadi hujan abu saat beraktivitas di luar rumah," imbuh Richard.

Hingga saat ini, status Gunung Ibu masih berada pada level III Siaga. Artinya, masyarakat diimbau untuk tidak berada dalam radius 3 km dari kawah. (Iqbal/Maluku Utara)

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur, mengalami erupsi tiga kali dengan letusan setinggi hingga 1 kilometer pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Gunung Semeru Erupsi Selama 130 Detik, Masyarakat Diminta Waspada Awan Panas dan Lahar

Gunung Semeru kembali erupsi dengan waktu sekitar 130 detik berdasarkan catatan petugas yang melakukan pemantauan di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2024